Pantai Parangtritis

Wisata Pantai Jogja yang Pantang Terlewatkan saat anda berda di Jogja. Kali ini JadiWisata.com akan mengulas tentang wisata pantai Yogya yang ada khususnya di Gunung Kidul dan Bantul yang menjadi favorit wisatawan.

Gunung Kidul dan Bantul beberapa tahun belakangan ini memang menjadi target wisatawan yang pergi ke Yogya karena banyak sekali wisata alam terutama pantai yang indah dan tergolong baru. oleh sebab itu kali ini kita akan membahas beberapa pantai pilihan JadiWisata.com.

Pantai Parangtritis

Senja di Pantai Parangtritis
Senja di Pantai Parangtritis

Pantai ini bukan saja terkenal karena keindahanya, tapi lebih ke sisi historisnya karena Parangtritis, Malioboro dan Kaliurang merupakan icon Jogja yang wajib anda kunjungi. Jadi bisa dikatakan anda belum ke Jogja kalau belum wisata ke Parangtritis.

Selain itu akses ke lokasi Pantai Parangtritis ini sangatlah mudah, dari Malioboro anda tinggal ke lurus sampai nol kilometer malioboro, lalu ambil arah Timur, begitu ketemu lampu merah lagi anda langsung ambil arah selatan. Ikuti jalan itu lurus terus karena anda akan sampai ke Parangtritis. Angkutan umum pun sudah tersedia bagi anda yang tidak memiliki kendaraan sendiri. Pembahasan lebih lengkap tentang parangtritis dapat anda baca disini.

Pantai Indrayanti

pantai Indrayanti
pantai Indrayanti

Salah satu pantai terfavorit di Yogyakarta saat ini yang wajib anda kunjungi. Pantai yang bernama resmi Pantai Pulang Sawal ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Disebut dengan nama Indrayanti karena dulu sebelum diresmikan oleh Pemerintah, ada sebuah Restoran yang cukup terkenal didaerah sana yang bernama Restoran Indrayanti, sehingga panti ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Indrayanti.

Selain pemandangan pantai nya yang indah, pasirnya yang putih, banyak lagi aktifitas yang bisa anda nikmati dipantai ini seperti mencari ikan dikarang, permainan jet ski, dan dilengkapi dengan fasilitas umum yang sangat memadai seperti penginapan dan rumah ibadah. Untuk lebih detailnya anda bisa baca disini.

Pantai Jogan

Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Kenapa pantai ini wajib dikunjungi saat anda berada di Yogyakarta? Karena Pantai ini merupakan satu-satunya pantai yang memilik Air Terjun yang sangat indah di bibir pantainya. Bayangkan, anda bisa ke Dua destinati wisata sekaligus dalam satu tempat, yaitu wisata pantai dan wisata air terjun.

Tiket Masuk ke Pantai Jogan ini hanya Rp. 10.000, dengan retribusi parkir yaitu : Rp. 3.000 untuk motor, Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 20.000 untuk Bus.

Pantai Nglambor ( Snorkeling )

Pantai nglambor Snorkeling yogyakarta
Pantai nglambor Snorkeling yogyakarta

Bagi anda pecinta Snorkeling, maka anda wajib datang ke Pantai Nglambor ini. Lokasinya berada diantara pantai Jogan dan Pantai Siung. Ombak di pantai ini terbilang sangat tenang dibanding pantai-pantai lain, sehingga anda dapat bersnorkeling dengan tenang dan aman.

Pemandangan bawah laut yang indah penuh dengan ikan-ikan kecil, karang-karang indah dan biota laut lainya akan memberikan kesan tersendiri dihati anda.

Pantai Siung

Panjat tebing pantai siung yogyakarta
Panjat tebing pantai siung yogyakarta

Pantai Siung merupakan pantainya para pemanjat tebing. Dipantai ini selain menikmati pemandangan, bermain ombak dan pasir, anda juga dapat menikmati fasitilitas panjat tebing yang ada di pantai ini.

Ada sekitar 250 jalur panjat tebing di pantai ini, tebing-tebing ini berasal dari batu karang besar yang berbentuk seperti gigi kera atau disebut Siung Wanara, oleh sebab itu pantai ini disebut pantai Siung.

Pantai Timang

Pantai Timang yogyakarta
Pantai Timang yogyakarta

Apa kelebihan pantai ini dibanding pantai ini? Pantai ini bukan pantai untuk duduk santai menikmati pemandangan saja, tapi pantai ini khusus bagi anda yang bernyali tinggi, yang suka dengan tantangan. Kenapa ? karena dipantai ini ada adventure seru yaitu menaiki gondola tradisional menyebrangi tebing karang sedangkan ombak besar samudera hindia sangat deras menyambar dibawahnya.

Gondala ini sebenarnya dibuat oleh para nelayan untuk mencari lobster yang sangat banyak di seberang karang, namun sekarang juga diperuntukan untuk para wisatawan. Harga tiket untuk menaiki gondala ini adalah Rp. 100.000, terbilang murah untuk sebuah pengalaman seru.

Pantai Ngrenehan

pantai ngrenehan
pantai ngrenehan

Pantai ini merupakan pantainya para pecinta kuliner laut karena dipantai ini merupakan pusatnya para nelayan. Jadi selain menikmati pemandangan pantai dan bukit-bukit, anda juga bisa menikmati aktifitas nelayan yang baru pulang mencari ikan.

Anda juga bisa langsung membeli hasil tangkapan nelayang dipantai ini, selain harganya yang masih murah karena dengan nelayan langsung, ikanya pun masih segar dan bisa langsung dinikmati dipantai akan membuat liburan anda terasa nikmat.

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Pantai Wediombo

Ingin berenang di laut tapi takut terseret ombak? Maka datanglah ke Pantai Wediombo, kamu bebas berenang di air laut tanpa takut terseret ombak. Pantai yang artinya “pasir yang luas” ini memiliki kolam renang alami alias laguna. Kolam renang tersebut sangat landai namun luas. Dan dipisahkan oleh batu karang sehingga tak akan terseret ke tengah laut, kecuali kalau renang saat air laut sedang pasang.

Pantai Baron

pantai Baron yogyakarta
pantai Baron yogyakarta

Pantai Baron memiliki keunikan yaitu dengan adanya sungai air tawar dibawah tanah yang mengalir ke laut, selain itu pantai ini sangat nyaman dikunjungi bersama keluarga karena ada tempat pelelangan ikan untuk anda dan keluarga makan di pantai, serta ada wahana main anak-anak dan perahu mesin.

, , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM