Banyak orang igin mendaki gunung, tapi ada kekhawatiran nanti fsik tidak kuat karna perjalanan yang cukup mengurang tenaga. Bagi yang mengalami problem semacam itu, cobalah mendaki di gunung andong.

Gunung Andong adalah gunung yang memiliki ketinggian 1.726 mdpl, merupak tempat yang cocok untuk berburu sunset dan sunrise untuk anda yang hobi fotografi.

Dan berikut data dan Fakta tentang Gunung Andong yang harus Anda ketahui:

Lokasi

Gunung Andong ada dima? Gunung Andong terletak Dusun  Tlogorjo, Desa Ngablak , Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jalur Pendakian dan Basecamp

Gunung Andong via Basecamp Taruna Jaya Giri Sawit – Alamat : Dusun Sawit, RT. 003 / RW. 03, Girirejo, Ngablak, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194. Call Center :0856-4303-9650
Penunjuk Arah ke : Basecamp Taruna Jaya Giri

Gunung Andong Via Basecamp Dusun Pendem – Alamat : Dusun Pendem, Ngablak, Area Hutan/Kebun Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah 56194
Call Center : 0822-8440-1175
Penunjuk Arah ke : Basecamp Gunung Andong via pendem

Gunung Andong Via Basecamp Giri Dwipa Gogik – Alamat : Desa Gogik, Ungaran Barat, Girirejo, Ngablak, Gogik, Girirejo, Ngablak, Semarang, Jawa Tengah 56194
Penunjuk Arah ke : Basecamp Giri Dwipa Gogik

Gunung Andong via Basecamp Kudusan – Alamat Basecamp Pendakian Gunung Andong via jalur kudusan :
Kudusan, Tirto, Grabag, Magelang, Jawa Tengah 56196
Penunjuk Arah ke : Lokasi Basecamp Kudusan

Gunung Ramah Untuk Pendaki Pemula

Pendaki Kecil @sofunn source:  https://www.instagram.com/p/Bq6QmcAg0YF/

Gunung Andong mempunyai jalur pendakian yang aman, dan ketinggiannya sangat ramah untuk pendaki pemula. Para Pendaki profesional sepakat bahwa Gunung Andong adalah gunung yang cocok untuk pendaki pemula.

Tetapi masalh keindahan alam yang disugguhkan di puncak gunung, gunung Andong salah satu yang terfavorit.

Terdapat Sumber Air

Untuk mendaki gunung Andong tidak perlu membawa bekal air terlalu banyak Pasalnya, di tengah perjalanan antara pos 2 dan puncak, di samping jalur akan menemukan sebuah pancuran air jernih yang bisa dimanfaatkan untuk isi ulang. Meski tidak di puncaknya, keberadaan pancuran air ini sangat membantu.

Hutan Pinus

Hutan Pinus Gunung Andong; photo by vikaeste https://www.instagram.com/p/BMDsSwkDAMd/

Jalur pendakian akan melewati serangkain hutan pinus yang sejuk. Jalur pendakian juga sudah tertata rapi, tinggal ikuti trek tidak akan kesasar.

Waktu Tempuh Sampai Ke Puncak

Membutuhkan waktu 1-2 jam perjalanan untuk bisa sampai ke puncak Gunung Andong. Waktu tempuh tergantung sekali dengan kecepatan berjalan dan lama tidaknya istirahat di pos.

Puncak Ramai seperti Pasar

Gunung Andong memang banyak sekali peminatnya, sehingga ketika dipuncak banyak sekali orang yang sudah ada disana.

Puncak Gunung Ramai Seperti Pasar

Jika Anda mengharapkan mendapat ketenangan yang berpadu dengan nyanyian alam ketika di puncak Gunung, maka itu tidak akan bisa Anda dapatkan di Gunung Andong. Meski demikian, keindahan panorama yang tersaji tetap menawan, entah ketika ramai atau sepi.

Warung Di Puncak

Tidak perlu membawa bekal terlalu banyak saat mendaki ke Gunung Andong, karna di kawasan puncak terdapt warung yang menjual bergagai minuman dan makanan.

Makam Ki Joko Pekik

Bila Anda mendaki dari Basecamp Taruna Jaya Giri – Sawit, maka puncak makam adalah puncak pertama yang akan dijumpai.

Disebut Puncak Makam karena di puncak itu terdapat makam Kiai Abdul Faqih atau yang dikenal dengan Ki Joko Pekik, tokoh yang sangat dihormati masyarakat setempat.

Ada 4 Puncak

  1. Puncak Makam, terdapat makam ki Joko Pekik
  2. Puncak Alap-Alap
  3. Puncak Jiwa, yang digunakan untuk tempat camping
  4. Puncak Andong, merupakan yang tertinggi.

Sinyal di Gunung Andong

Sinyal di gunung Andong sangat bagus, mulai dari jalur pendakian sampai ke punyak, Anda tetap bisa terus terhubung dengan jaringan internet. Anda bisa langsung mengunggah foto-foto di Gunung Andong.

Bisa Nge-Camp atau Tektok

Jarak jempuh yang relatih dekat memungkinkan bisa langsung pulang, atau tidak perlu camping

Untuk Yang mau menginap atau Camping juga bisa dilakukan di Gunung Andong. Dan yang menarik terdapat penyewaan tenda di basecamp pertama.

Pemandangan 360 Derajat

Setelah sampai Puncak, pendaki dapat melihat Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, Telomoyo, serta puncak Gunung Andong lainnya, hanya dengan memutar badan.

Mungkin sudah tidak salah kalau Gunung Andong disebut Gunug Bintang Lima di Jawa.

Harga Tiket / Retribusi

Harga tiket dari dari jalur sawit

Seperti tempat wisata pada umumnya, Gunung Andong juga memiliki biaya tiket masuk berupa retribusi. Harga tiket masuk wisata 5.000  – 10.000 per orang dimana biaya itu sudah termasuk  kas dusun Sawit dan uang parkir.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM