Belum pernah mendaki gunung?
Ingin sekali mencoba baik mendaki?
Bingung tentuin pilih gunung mana yang mau di daki?
Ada satu jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan itu, Gunung Giyanti.
Gunung giyanti yang terletak di Malanggaten, Windusari, kabupaten Magelang ini memeliki ketinggian 1200 mdpl (meter diatas permukaan laut) relatif terjangkau untuk para pemula.

Kalau dari Kota Magelang, cari arah ke jalan bandongan terus sampai bertemu dengan pertigaan tugu Bandongan, lalu ambil kanan ikuti jalan tersebut sampai ketemu papan nama Candi Selogriyo, lurus terus ikuti jalan utama nanti di kiri jalan ada gang dengan papan nama /spanduk “TOP SUNRISE GUNUNG GIYANTI” masuk terus dan ikuti petuntuk arah.
Bisa juga dengan panduan google maps dengan key word “gunung giyanti” tapi terkadang sinyalnya agak seret no yes

Tiket Masuk / Restribusi

Biaya Tiket/restribusi sangat murah sekali sekitar 5.000 – 10.000 Rupiah
Biaya Parkir untuk kendaraan roda 4 : 2.000 Rupiah
Biaya Parkir untuk kendaraan roda 4 : 5.000 Rupiah

Harga tiket masuk sudah termasuk dengan asuransi, hal ini dimungkinkan karna pengelola Gunung Giyanti sudah bekerjasama dengan pihak Perhutani

Jalur Pendakian

Memiliki dua pos peristirahatan, dan disetiap pos di sedikan rumah kecil / gubug yang dilengkapi dengan tempat duduk untuk beristirahat.

Dari bascam utama menuju pos ke-1, jalan relatif landai, dan trek berupa tanah ‘lempung’. Dari Pos ke-1 menuju punjak, jalan mulai naik agak terjal, disugguhkan juga tanjakan yang berupa tangga dengan penopang kayu. Cukup menantang juga.

Waktu tempuh sekitar 60 – 90 menit, tergantung setiap orang dan lama tidaknya beristirahat. Mungkin disiang hari akan lebih cepat lag karna jalan nya terang.

Fasilitas:

  • Di Basecamp utama tersedia penyewaan tenda dan peralatan pendakian laiinya. Jadi seandainya belum mempunyai perlengkapan lengkap tetap jadi wisata.
  • Di Basecamp warung yang menyediakan perlengkapan logistik dan kebutuhan lainny. Warung ini hanya ada di Basecamp, di post ke-1 dan puncak sudah tidak ada warung lagi.
  • Tempat Sampat di sepanjang jalur pendakian dan puncak
  • Plang Penunjuk arah dan penanda pos, jadi jangan khawatir ke sasar
  • Dan yang terpenting di puncak giyanti ini tersedia pos air, yang bisa digunakan untuk Sholat

Keindahan Gunung Giyanti

pepohonan pinus yang rimbun dan tertata rapi di gunung giyanti (foto by mtgiyanti1200mdpl.blogspot.com

Sepanjang jalur pendakian sahabat akan di kelilingi oleh pohon-pohon pinus yang tertata rapi, membuat sepanjang perjalanan terasa sejuk bila pendakian dilakukan di siang hari.

PuncaknGunung Giyanti

Setelah melalui ‘pertempuran’ yang cukup menguras tenaga, akhirnya kita bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan dari puncak gunung Giyanti

Bendera Di Puncak Gunung giyanti

Puncak Gunung Giyanti di tandai dengan Bendera Merah Putih oleh pengelolanya, mungkin sebagai pengingat untuk selalu mencintai alam, dan mencintai Indonesia.

Peringatan untuk tidak membuang sampah di Puncak Gunung Giyanti

Ya, jangan membuang sampah sembarangan, masukan tempat yang disediakan, kalau tidak ada bawa pulang sampahnya.

Segoro Mego, Pemandangan Puncak Gunung Giyanti

Segoro mego atau lautan awan dari puncak Gunung Giyanti

Puncak Gunung Giyanti Malam Hari; foto by agung arju fotografer puworjo

Pemandangan dimalah hari,  lampu lampu kota magelang, dan duduk santai sambil menunggu sunrise tiba.

Sunrise Gunung Giyanti;
#Repost @chafed_08 with @repostapp

Pemandangan Sunrise tetap menjadi andalan wisata gunung Gayanti. Menikmati pagi yang indah dengan sinar matahari yang indah.

Tips:

Tips dan Trik  :

  • Bila berencana untuk berkemah di Gunung Giyanti untuk berburu Sunrise, sebaiknya jangan lewatkan untuk berkunjung ke Candi Selogriyo terlebih dahulu. Pemandangannya sangat bagus, sayang kalau dilewatkan.
  • Perhatikan keadaan cuaca, terutama yang ingin berburu sunrise yang keren. Ramalan cuaca bisa dicari di aplikasi Hp, atau melalui penglihatan langit.
  • Sebaiknya jangan memakai sendal jepit, untuk antisipasi bila hujan trek menjadi sangat licin. Memakai sepatu sangat dianjurkan karna akan melindungi kaki dari kemungkinan cedera.
  • Untuk yang baru pertama kali, sebaiknya mendaki di siang -sampai sore hari.
  • Bawa pulang sampah
  • Dan yang terpenting, Berdoa

Demikian informasi seputar Top Sunrise Puncak Gunung Giyangti dari JadiWisata.Com. Jadi wisatalah, dan jadikan jadiwisata.com teman wisata anda.

Ingin berbagi pengalaman wisata atau punya tempat wisata yang ingin diulas disni. silahkan hubungi kami di [email protected]

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM