Taman Wisata Candi Borobudur Magelang
Taman Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah
Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Lokasi Candi Borobudur

Jadiwisata.com Candi Borobudur  adalah sebuah Candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Borobudur Juga sempat menjadi salah satu dari tujuh keajaiban yang ada di Dunia.

Kawasan Wisata Borobudur Magelang
Kawasan Wisata Borobudur Magelang

Akses menuju Candi Borobudur juga sangat mudah dari segala arah, Karena Candi ini berada di Tempat yang setrategis . Kalau anda menuju dari jalur timur Candi Borobudur tepatnya di pertigaan lampu merah Palbapang, anda akan melaju sekitar 8,7km lagi untuk bisa mencapai kawasan Candi Borobudur. Tidak perlu khawatir tersesat karena di setiap jalan menuju Candi Borobudur tersedia papan petunjuk yang berfungsi memberi arah kemana harus melaju. Apabila anda menggunakan Telepon Pintar, tentunya akan lebih mudah untuk menemukan dimana letak Candi Borobudur, karena hanya dengan mengetik nama tempat tujuan di google maps anda akan mengerti perkiraan  berapa lama lagi akan samapai tujuan.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Kalau anda ingin menggunakan Transportasi online, Area ini juga sangat memungkinkan. Karena pelataran Candi Borobudur sangat luas, area parkir juga di sediakan oleh pengelola Candi Borobudur. Bus pariwisata juga tiap akhir pekan lalu lalang tanpa henti. Pengunjung yang datang di Borobudur berasal dari dalam Negeri Ataupun Luar Negeri.

Sejarah Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur Magelang
Sejarah Candi Borobudur Magelang

Menurut bukti-bukti sejarah, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 seiring melemahnya pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa serta mulai masuknya pengaruh Islam. Dunia luar mulai menyadari keberadaan bangunan ini sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. Sejak saat itu Borobudur telah mengalami serangkaian upaya penyelamatan dan pemugaran atau perbaikan kembali. Proyek pemugaran terbesar digelar pada kurun waktu 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Indonesia  dan UNESCO, kemudian situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Tapi bukan Indonesia namanya kalau seiring berjalannya waktu, bukannya makin bagus tapi malah semakin rusak karena ulah tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Untuk hal ini jangan di tiru ya? Karena tindakan tersebut bukanlah tindakan yang layak untuk di contoh.  Padahal Candi Borobudur peninggalan ini adalah peninggalan paling luar biasa sepanjang Sejarah. Mari kita sama-sama menjaga warisan budaya Indonesia yang sudah ada.

Keindahan Borobudur Dari Atas
Keindahan Borobudur Dari Atas

Waktu pembangunan Candi Borobudur  diperkirakan berdasarkan perbandingan antara jenis aksara yang tertulis di kaki tertutup Karmawibhangga dengan jenis aksara yang lazim digunakan pada prasasti kerajaan abad ke-8 dan ke-9. Diperkirakan Borobudur dibangun sekitar tahun 800 masehi. Kurun waktu ini sesuai dengan kurun antara 760 dan 830 M, masa puncak kejayaan Wangsa Syailendra di Jawa Tengah, yang kala itu dipengaruhi Kemaharajaan Sriwijaya. Pembangunan Borobudur diperkirakan menghabiskan waktu 75 – 100 tahun lebih dan benar-benar dirampungkan pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825.

Tiket dan Jam Operasional Layanan Wisata Candi Borobudur

Setelah mengetahui sejarah dan kemegahan Candi Borobudur, saatnya memantapkan Hati untuk mengunjungi Candi Borobudur bersama Keluarga tercinta atau dengan orang yang spesial. Tapi, berapa sih tiket Masuk Candi Borobudur itu?

Tiket Masuk Wisata Candi Borobudur
Tiket Masuk Wisata Candi Borobudur

Tiket Untuk Dewasa     Rp 50.000,-

Tiket Untuk Anak         Rp 25.000,-     

Harga Tiket yang tertera di atas, adalah harga pada bulan Juni Tahun 2019, kemungkinan Harga bisa naik sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, cie ilee kayak jualan Perumahan aja,hehe.

Jam buka atau Operasional Taman Wisata Candi Borobudur di mulai Pukul  06:00 – 17:00 Untuk reservasi dan info lainnya bisa menghubungi Call Center: 0274 496 402 dan Email: [email protected] Atau ikuti akun media social instagram  @borobudurpark

Suasana Pelataran Candi Borobudur
Suasana Pelataran Candi Borobudur

Tips untuk Anda Yang Akan Berkunjung Ke Candi Borobudur

  • Datang Pagi Hari: Kenapa harus datang pada pagi hari? Karena Candi Borobudur itu  hampir 90%  berupa bebatuan, maka akan sangat panas kalau anda datang pada siang bolong, eh kayak Susana aja.hehe
  • Sedia Payung: Kalau terpaksanya anda harus datang pada siang hari, alangkah baiknya sedia payung dari rumah, karena akan sangat bermanfaat sekali ketika anda menikmati pemandangan nantinya tanpa kepanasan.
  • Datang Sore Hari: Bila waktu anda sangat padat dan baru sampai Candi Borobudur pada Sore Hari, tentuya akan sangat menguntungkan buat anda, kenapa ? Karena pada sore hari, selain pengunjung sudah mulai sepi, udara di sekitar Candi Juga sangat sejuk dan itu akan membuat anda nyaman saat menikmati Liburan di Wisata Candi Borobudur.
  • Bawa Air Minum: Karena pelataran dan kawasan Candi Borobudur begitu luas, jangan sampai anda dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh anda karena anda lupa tidak membawa bekal berupa air minum, oleh karena itu, hal yang satu ini wajib anda bawa.

Itulah uraian singkat tentang Taman Wisata Candi Borobudur, selamat berkunjung dan semoga hari-hari anda menyenangkan.

, , , , , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM