Taman Doa Maria Gantang adalah tempat ziarah orang katolik , yang digunakan untuk bersujud dan berdoa bersama Bunda Maria. “Per Mariam ad Iesum.” Melalui Maria sampai kepada Yesus.

Mbok Tentrem adalah nama yang panggilan yang melekat pada Bunda Maria yang digambarkan dalam karya Patung Bunda Maria.

Patung Bunda Maria terbuat dari dari batu merapi dan di pahat oleh seniman merapi yang tergabung dalam Komunitas Lima Gunung, yaitu Bapak Ismanto.

Bunda Maria di Taman Doa Maria Gantang (TDMG) digambarkan sebagai Simbok atau Mbok (bahasa jawa artinya Ibu), yang dengan sabar mendengarkan dan selalu memberirsasa damai.

Taman Doa Maria Ratuning Katentreman lan Karaharjan Gantang

Bunda Maria yang njawani memang terpancar dari patung yang dipahat oleh Bapak Ismanto ini. Tidak Nampak hidung bangir, kulit cerah seperti pada Patung Bunda Maria pada umumnya. Mbok Tentrem adalah burkulit sawo matang, nampak sederhana tetapi Keagungan-Nya tetap terpancar dari wajah itu.

Lokasi

Alamat Taman Doa Maria Gantang atau Taman Doa Maria Ratuning Katentreman lan Karaharjan ada di: Dusun Gantang, Desa Gantang, Kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang. Masuk dalam wilayah Paroki Santo Kristoforus Banyutemumpang.

lokasi Taman Doa Maria tepat di belakang Gereja Santo Fransiskus Xaverius Gantang. 

Atau bisa mengikuti petunjuk arah dari map di bawah ini

Taman Doa Gantang diresmikan pada 30 Oktober 2017, melalui Perayaan Ekaresti yang dipimpin oleh Uskup Agung Senarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko.

Pemberkatan Oleh Uskup Agung Senarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko.

Di Taman Doa Gantang Bunda Maria diberi nama kehormatan ‘Ratuning Katentreman lan Karaharjan‘ atau Ratu Damai dan Kebahagiaan. Taman Doa Maria Ratuning Katentreman lan Karaharjan. 

Tentan Taman Doa Maria Ratuning Katentreman lan Karaharjan

Banyak sekali filosodi dari Taman Doa Maria Gantang ini:

  • Dasar Patung Bunda Maria setinggi 3 meter. Tiga melambangkan pengakuan iman akan Tritunggal Maha Kudus, Bapa, Putra, dan Roh Kudus. 
  • Badan Patung Bunda Maria setinggi 7 Meter. Tujuh adalah gambaran dari 7 sakramen Gereja. Baptis, Ekaristi, Penguatan, Pengakuan Dosa (Tobat), Perkawinan, Minyak Suci, dan Imamat
  • Keseluruhan Tinggi Bangunan adalah 10 meter, gambaran dari 10 Perintah Allah.
  • Bunda Maria Menginjak Naga. Ular yang dulu menggoda manusia sekarang sudah menjadi Naga. Godaan yang ditawarkan oleh naga tentu lebih besar dan menarik. Tapi jangan khawatir, Mbok Tentrem tetap mampu menginjak Naga itu.

Jadwal Misa

Misa setiap hari Sabtu jam 18:00 WIB

Informasi Lainnya

  • Keluar dari Taman Doa Maria Ratuning Katentreman lan Karaharjan, simbok simbok siap menawarkan sayur mayur yang segar. Yang dijual disitu adalah hasil bumi atau panen masyarakat setempat. Masih segar sekali karna baru saja dipanen.
  • Ada juga kuliner seperti nasi jagung dan iwak wader, dan jajanan tradisional laiinya
  • setelah dari Taman Doa Maria Gantang, anda meneruskan wisata  ke Ketep Pass, Candi Pendem, atau Candi Asu, karna letaknya yang tidak jauh dari siitu.

, , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM