Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia adalah obyek eduwisata baru di Tawangmangu,yang dibuka mulai tahun 2018.

Bagi yang masih belum begitu paham, Atsiri adalah minyak hasil penyulingan dari tanaman yang menghasilkan aroma khas. Atsiri ini nantinya diolah menjadi minyak esensial untuk berbagai produk.

Minyak atsiri berasal dari penyulingan bahan-bahan dari tumbuhan, berupa dedaunan, akar, biji, bunga, buah, kulit kayu, bahkan batang kayunya. Saripati tumbuhan ini berupa minyak yang mudah menguap, bahunya khas nyegrak namun baunya tak jauh dari tumbuhan asalnya. Ada yang mengistilahkan minyak atsiri dengan minyak terbang mungkin mudahnya menguap, ada pula yang menyebut minyak esensial.

Sejarah Rumah Atsiri Indonesia

Sejak Tahun 1963 di Desa Plumbon, Tawangmangu, Solo – Jawa Tengah telah berdiri pabrik penyulingan Citronella.
Pabrik Citronella merukapan merupak pabrik penyulingan yang terbesar di asia pada waktu itu. Masyarakat sekitar lebih mengenalnya sebagai pabrik sereh/serai.

Bangunan pabrik Citronella

Pabrik Citronella merupakan yang merupakan pabrik Atsiri adalah satu proyek mercusuar Ir Soekarjuga. Pengaruh politik Ir. Soekarno kala itu yang condong ke blok timur. Sehingga negara seperti Bulgaria, China menjadi top center.

Pabrik ini dibangun dengan sistem produk sharing dengan negara Bulgaria, berbagi hasil. Konon Pabrik minyak atsiri ini dulu merupakan pabrik atsiri terbesar di Asia Tenggara. Jadi boleh dibilang Pabrik Citronella adalah saksi bisu dari kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Bulgaria

Pabrik mengalami serangkaian pergantian kepemilikan, hingga PT. Rumah Atsiri Indonesia memutuskan untuk secara resmi mengambil kepemilikan pada tahun 2015, dan menghidupkan kembali Citronella menjadi area pendidikan dan rekreasi atau edu-rekreasi.

Pengalaman yang Menanti Anda

Rumah Atsiri Collection Garden (Taman Koleksi)

Rumah Atsiri Collection Garden

Terdapat lebih dari 80 spesies tanaman atsari yang nantinya akan diolah menjadi minyak esensial, dari lavender, cendana, mint, jinten, arum dalu, dan masih banyak lagi. Tanaman itu ada yang asli Indonesia maupun tanaman yang berasal dari luar negeri.

Di Atsiri Collection Garden pengunjung dapat mencium atau mencicipi beberapa tanaman dengan izin pemandu taman, pemandu taman akan membantu pengunjung untuk memilih ranting, daun, atau kelopak bunga mana yang bisa di petik.

Rumah Atsiri Greenhouse

Rumah Atsiri Greenhouse atau Rooftop dalam ruang

Rumah Atsiri Greenhouse atau Rooftop dalam ruang (indoor) berada didalam Rumah Atsiri Collection Garden, tepat di lantai teratas.

Pada siang hari, Ruangan ini dapat difungsikan sebagai ruang pertemuan dengan pencahayaan alami yang sangat baik. Anda juga dapat melihat pemandangan di sekitar kompleks Rumah Atsiri dari atas sini.

Marigold Plaza

Marigold Plaza, Rumah Atsiri Indonesia

Marigold plaza adalah berada ditengah-tengan komplek Rumah Atsiri Indonesia, sebuah halaman ditangah komplek yang dipenuhi dengan bunga marigold yang mekar sebulan sekali selama dua minggu.

Taman Bunga Marigold Plaza

Marigold ditanam di dalam celah yang mengikuti bentuk pola di dinding berlubang pabrik Citronella aslinya.

Rumah Atsiri Production Farm

Rumah Atsiri Production Farm

Di Rumah Atsiri Production Farm Anda dapat melihat langsung berbagai tanaman yang dipakai untuk produksi dan sebagaian untuk keperluan penelitian. Luas kebun itu sendiri sekitar 2,5 hektar. Cukup luas.

Rumah Atsiri Nursery

Rumah Atsiri Nursery – Pembibitan

Rumah Atsiri Nursery adalah lokasi pembibitan. Dari sinilah tanaman dikembangkan untuk penelitian dan pengembangan kami untuk tanaman kebun, tanaman cinderamata, dan tanaman hias.

Rumah Atsiri Museum

Peralatan Kuno di Rumah Atsiri Museum
Peralatan Kuno di Rumah Atsiri Museum

Di Rumah Atsiri Museum, Anda dapat belajar Sejarah minyak atsiri sejak 2.000 SM, dan dapat mengetahui pertama kali minyak atsiri ditemukan.
dan di Rumah Atsiri Museum, Anda dapat mengikuti perjalanan bagaimana minyak atsiri pertama kali ditemukan dan bagaimana minyak atsiri tersebut menyebar ke seluruh dunia terutama di Indonesia.

Rumah Atsiri Museum
Rumah Atsiri Museum

Di Rumah Atsiri Museum juga menyimpan beberapa peralatan asli yang pertama kali digunakan untuk menghasilkan minyak esensial. Ada botol botol minyak esensial yang sudah berusia 50 tahun,mesin destilasi vintage, dan sejarah di balik mimpi Indonesia untuk menjadi salah satu produsen terbesar di industri minyak esensial dunia.

Rumah Atsiri Lab

Rumah Atsiri Laboratorium
Rumah Atsiri Laboratorium

Rumah Atsiri Lab adalah sebuah laboratorium yang sangat lengkap, disini biasa digunakan untuk , kursus, dan program terkait minyak esensial.
Rumah Atsiri Laboratorium memungkinkan untuk setiap orang kesempatan untuk bereksperimen dengan minyak esensial dan merasakan ‘chemistry’.

Rumah Atsiri Aromatherapy House

Rumah Atsiri Aromatherapy House
Rumah Atsiri Aromatherapy House

Di Rumah Atsiri Aromatherapy House, Anda akan mengetahui beragam pilihan minyak atsiri dan produk turunannya seperti Essential Oil dan Aromatic Oil

Rumah Atsiri Resto

Rumah Atsiri Resto
Rumah Atsiri Resto

Rumah Atsiri Resto adalah salah satu bagian dari Rumah Atsiri Indonesia. Terinspirasi dari kegunaan minyak atsiri sebagai bahan makanan dan minuman, kami telah mengolah dan siap menyuguhkannya bagi Anda

Salah Satu Menu di Rumah Atsiri Resto

Chicken Lemon Rosemary, Iga Bakar Manis dan Rumah Atsiri Salad disajikan dengan sentuhan tanaman aromatik serta rempah-rempah dari kebun Rumah Atsiri yang dapat memanjakan lidah

Rumah Atsiri Merchandise Shop

Rumah Atsiri Merchandise Shop

Disini tersedia berbagai souvenir khas Rumah Atsiri Indonesia untuk mengenang kunjungan anda atau untuk memberikan hadiah bagi orang terdekat anda.

Tersedia berbagai pilihan minyak esensial dan turunannya; parfum, sabun, sampo, dan produk perawatan pribadi lainnya. Tersedia bibit tanaman yang bisa anda tanam dirumah.

Rumah Atsiri Distillation Area

Proses Penyulingan di Rumah Atsiri Distillation Area

Di Rumah Atsiri Distillation Anda dapat melihat langsung proses penyulingan, yaituproses paling umum digunakan untukmendapatkan minyak atsiri yang dilakukan di Rumah Atsiri Indonesia setiap harinya.

Harga Tiket

Rumah Atsiri Indonesia tidak memungut biaya masuk untuk semua pengunjung. Namun, jika Anda ingin memasuki area sendiri, ada biaya minimum Rp 50.000 per orang.

Pengunjung akan diminta untuk membeli voucher prabayar dengan nilai IDR 50,000 di pintu masuk. Anda dapat menghabiskan semua uang di dalam voucher untuk pembelian Anda di dalam area, termasuk membeli minyak esensial, makan, mengunjungi museum, menghadiri lokakarya, dll.

Rumah Atsiri Indonesia juga menyediankan paket-paket tour:

  • Full-day Tour (8 Hours)
  • Half-day Tour (4 Hours)
  • School Outing & Educational Activities
  • Outbond, Corporate Gatherings & Meetings
  • Customized Programs

untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi 0812 111 222 63

, , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *