Gunung Andong adalah salah satu gunung favorit untuk para pendaki gunung, meski ketinggiannya hanya 1.726 mdpl, tetapi keindahan alamnya adalah gunung bintang lima, cantik dan mengaggumkan. kali ini JadiWisata.com akan membahas jalur pendakian melalui Basecamp Andong Giri Dwipa, Gogik. Banyak Hal-Hal Penting Tentang Gunung Andong yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan mendaki ke Gunung Andong.

Menuju Basecamp Andong Giri Dwipa Gogik

Sesampainya di Pasar Ngablak, akan Mmenemukan sebuah gapura berwarna biru, masuk setelah 500 meter ketemu pertigaan dusun Kenteng, dari situ sudah ada papan petunjuk arah dan tinggal mengikuti pasti sampaidi basecamp Andong Giri Dwipa.
JadiWisata.com tidak akan menjelaskan detail, karna sekarang sudah jamannya GPS.

Jalur Pendakian Gunung Andong Via Gogik

Jalur Gogik merupakan jalur pendakian gunung andong yang paling pendek di antara jalur lainnya, rata-rata pendaki hanya menghabiskan waktu 2-3 jam untuk sampai di puncak gunung Andong. Tergantung dari kecepatan dan tenaga para pendaki. Walaupun memliki medan yang cukup menanjak, jalur satu ini tetap selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki.

Basecamp Menuju Pos-1

Menuju ke pos-1 perjalanan melewati perumahan warga penduduk yang banyak dikelilingi rumpun bambu.seletah melewati perkampungan warga, Anda akan disugguhkan padaalam hijau yang luas. Di Pos-1 tersedia bangku dari bambu, bisa digunakan untuk istirahat. Waktu tempuh dari basecamp ke pos-1 sekitar 30 menit.

Pos-1 Menuju Pos-2

Medan mulai menanjak, dan memasukihutan pinus, udara terasa lebih sejuk dan suara alam yang asri. jalur berupa tanah, dimusim kemarau jalan cukup berdebu, tapi sebaliknya dmusim hujan jalan akan sangat licin. Gunakan masker saat melakukan pendakian di gunung Andong di Musim Kemarau. Waktu tempuh sekitar 30 menit

Pos-2 Menuju Puncak Gunung

Di pos-2 kondisinya tidak beda jauh dengan pos-1. Tersedia juga bangku panjang dari bambu untuk beristirahat. Kondisi lingkungan masih didominasi oleh hutan pinus, tetapi jarak tanahnya lebih lebar. Kondisi jalan masih tanah dan berdebu. Kemiringan sudah lebih tinggi lagi. Untuk sampai di puncak membutuhkan waktu 30 menit.

Puncak Gunung Andong

Meskipun Gunung Andong tidak terlalu tinggi, namun pesona panorama yang didapat di puncak bisa disebut bintang lima.Hamparan samudera awan (jika beruntung) dan barisan gunung nampak menyundul di kejauhan, Gunung Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Lawu.

Tips Pendakian Gunung Andong Via Gogik

  • Gunakan masker supaya tidak terkena dampak buruk debu
  • Bawa air minum yang secukupnya, untuk bekal di perjalanan. Di Puncak sudah ada yang jualan.
  • Berkemahlah di Puncak Jiwa
  • Bawa pulang sampah anda, jangan meninggalkan sampah di puncak

Demikian sekilas informasi tentang jalur pendakian gunung Andong via Gogik, bila merasakan manfaatnya silahkan bagikan ke pendaki-pendaki laiinya. Kalau ada tambahan pengalaman silahkan tulis di komentar.

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM