Pasir Pantai Parang Tritis
Ombak Pantai Parang tritis
Ombak Pantai Parang tritis

Sejarah

Berbicara pantai Parangtritis pasti bukan sekedar berbicara tentang keindahan pantainya saja, melainkan juga sisi historis yaitu tentang sosok legende penguasa laut pantai selatan yang tak lain lagi yaitu Nyai Roro Kidul. Sosok yang sampai saat ini selalu menjadi nilai prestisius bagi wisatawan yang mengunjungi pantai Parangtritis.

Konon ceritanya diyakini bahwa di Pantai Parangtritis ini terdapat sebuah Kerajaan yang dipimpin oleh penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Sampai sempat ada mitos bahwa bagi wisatawan disarankan untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau karena dapat ditarik masuk ke laut oleh penguasa laut selatan.

Namun terlepas dari legenda tersebut, memang kawasan Pantai Parangtritis ini memang benar-benar menyuguhkan pemandangan alami yang cantik, dimana luasnya pantai ini yang berpasir besi hitam membuat kita tidak bosan untuk memandanginya.

Eksotisme Pantai Parangtritis

Selain dari sisi historisnya, Pantai Parangtritis memiliki kelebihan yaitu pantainya yang luas dibanding pantai-pantai lain di Yogya. Ombak yang deras, angin yang berhembus kencang, banyaknya pedagang makanan, rumah makan seafood, toko oleh-oleh khas Yogya , toko cindeamata, sampai penyewaan tikar dan payung pun lengkap ada di pantai yang satu.

Selain itu banyak aktivitas yang bisa anda nikmati dipanti ini selain bermandi ombak dan bermain pasir seperti menaiki kuda atau andong atau delman menyusuri pantai yang panjang, ada juga penyewaan motor ATV melalui jalur yang sudah ditentukan untuk menambah keseruan, ada juga kolam anak-anak, bermain sepakbola dan layang-layang.

Karena pantainya yang menghadap ke selatan, maka di pantai ini pun anda dapat menikmati keindahan Sunrise dan Sunset yang sama indahnya. Namun untuk menikmati Sunrise anda harus datang pagi-pagi, dan rasakan nikmatnya berjalan di sepanjang pantai yang masih sejuk dan sepi diiringi terbitnya sang surya, pesona yang luar biasa.

Lokasi Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis boleh dibilang sebagai salah satu pantai yang lokasinya sangat mudah diakses dari Kota Yogyakarta. Jalan untuk menuju Pantai Parangtritis juga luas dan landai sehingga sangat nyaman sekali ketika anda sedang di perjalanan.

Dari Kota Yogya, asalkan kita sudah berada di perempatan Jokteng wetan ( pojok beteng timur ) , maka anda tinggal keselatan saja tanpa harus belok-belok lagi. Kurang lebih dengan jarak tempuh 1 jam dari kota Yogyakarta, anda bisa sampai di pantai ini.

Harga Tiket dan Parkir Pantai Parangtritis

Untuk memasuki Pantai Parangtritis ini maka anda akan dikenakan retribusi sebesar Rp 5.000,- untuk setiap orang. Sedangkan untuk harga tiket parkir Pantai Parangtritis, untuk mobil anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,- , sedangkan untuk motor anda akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000,-.

Mistis ?

Sekali lagi Pantai ini memang erat hubunganya dengan cerita mistis. Banyak cerita mengenai keganasan pantai yang kerap menelan korban karena ditarik oleh penguasa pantai selatan yaitu Nyai Roro Kidul. Namun sebagai wisatawan yang memiliki pengetahuan dan logika, maka kita bisa berpikir dan waspada sejatinya memang ombak pantai selatan memang sangat kencang.

Pantai ini mempunyai stuktur dan karakteristik khas pantai seletan dimana terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dalam seharisemalam karena titik edar bulan yang selalu berubah terhadap waktu terbit dan terbenamnya matahari dan seetiap hari pasang dan surut terjadi secara teratur. Di pantai ini air berbegarak dari rendah ke daerah yang lebih tinggi secara cepat atau saering disebut palung sehingga menghasilkan ombak yang besar, Ombak ini menghasilkan hempasan ke tepi yang lebih jauh ke daratan dan tarikan ke tengah laut yang kuat .Hal ini lah yang menjadi karakteristik pesisir pantai di selatan Pulau Jawa.

wisata keluarga di parangtritis
wisata keluarga di parangtritis

Oleh karena itu, kita harus selalu waspada, mawas diri dan berhati-hati saat sedang bermain air di pantai parangtritis ini. Jangan membuang sampah sembarangan, jaga ucapan jangan asal bicara, dan yang terpenting jangan sombong dan lupa diri dengan sok gagah dan berani melawan ombak dan masuk terlalu dalam ke pantai.

, , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM