kereta gantung pantai timang

Alamat : Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Timang Yogyakarta
Pantai Timang Yogyakarta

Pantai Timang terletak di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogya. Lagi-lagi kita akan membahas keindahan pantai di Gunung Kidul, tapi kali ini yang akan kita bahas bukanlah pantai dengan pasir putihnya, kenikmatan mandai dipantainya, atau ombak tenangnya, karena Pantai Timang dikenal dengan Jembatan Gantung yang sangat menantang andrenalin pengunjung.

Mengapa anda harus mengunjungi pantai timang ini? Jawabanya karena anda tidak akan menemukan kesan dan pengalaman yang menegangkan dan penuh keberanian dibandingkan anda berkunjung ke pantai lain. Jadi jika anda berwitasa ke pantai siung, pantai nglambor, atau pantai jogan, sempatakanlah berkunjung ke pantai timang ini karena jaraknya tidak begitu jauh.

Objek Wisata dan Wisata di Pantai Timang

ombak besar pantai timang
ombak besar pantai timang

Seperti yang sudah dibahas sekilas diatas, bahwa pantai timang bukanlah pantai untuk bersantai mandi dipantai dan bermain pasir, tapi disini adalah tempat bagi mereka yang suka tantangan. Jadi ada sebuah batu karang bersar diseberang pantai, dan dibatu karang itu merupakan tempat nelayan untuk mencari lobster.

Untuk mempermudah para nelayan mencapai ke batu karang tersebut, maka dibuatlah gondala  dan jembatan gantung, jadi ada dua akses untuk bisa ke batu karang itu, yaitu menaiki gondala / kereta gantung atau melewati jembatan gantung.

Bayangkan anda menyebrangi lautan dengan kereta gantung, dimana bawah anda adalah lautan lepas pantai selatan dengan ombak yang sangat besar, angin yang berhembus pun sangat kencang, belum lagi suara tali jembatan yang bergoyang-goyang, ini sungguh menantang, menegangkan dan akan memberikan kesan yang tidak akan terlupakan.

Selain wahana gondala, tentu anda juga dapat menikmati indahnya pemandangan disekitar pantai dan berfoto ria karena ditempat ini juga banyak sekali spot foto yang sangat indah. Dan bagi anda pecinta lobster, maka anda juga dapat membeli lobster tangkapan nelayan yang masih segar, tapi untuk dimasak dirumah ya karena disini tidak ada warung makan.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Timang

gondala pantai timang
gondala pantai timang

Harga tiker masuk ke pantai timang sangat murah, hanya Rp. 10.000, tapi untuk bisa menaiki gondala dan melewati jembatan gantung anda harus mengeluarkan biaya lagi. Untuk biaya menaiki gondala atau kereta gantung yaitu Rp. 150.000 pulang-pergi, dan untuk melewati jembatan gantung yaitu Rp. 100.000 untuk pulang pergi juga.

Mungkin sekilas anda akan berpikir mahal, tapi bagi saya pribadi itu harga yang sangat wajar untuk sebuah pengalaman yang sangat seru, apalagi jika kita berpikir tentang kelanjutan eksistensi pantai ini kelak, dimana warga dan pengelola juga membutuhkan biaya untuk perawatan dan pengembangan pantai ini.

Untuk lokasi dan rute menuju kepantai ini pun saya rasa tidak perlu saya jelaskan lebih detail karena sekarang wisatawan sudah sangat cerdas dengan penggunaan teknologi. Selain itu asalkan anda sudah berada di Gunugn Kidul maka anda bisa bertanya ke warga, pastai anda akan ditunjukan arah ke pantai ini.

Tips Berwisata Ke Pantai Timang

Batu karang sebrang pantai timang
Batu karang sebrang pantai timang
  1. Harus dalam kondisi perut kenyang atau mebawa bekal sendiri, karena dipantai timang tidak ada pedagang makanan atau warung makan.
  2. Bawa baju ganti, karena besar kemungkinan saat anda menyebrangi jembatan atau menaiki gondala makan anda akan basah terkena derasnya ombak pantai selatan.
  3. Baterai Hp dan Kamera harus full karena banyak moment seru yang wajib anda abadikan saat berwisata kepantai timang ini.
  4. Berdoa dan jangan sombong, walaupun anda bernyali besar, bisa melawan rasa takut, bukan berati anda boleh sombong dan lupa akan sang Pencipta.
  5. Jaga kebersihan, kelestarian, ucapan dan tindakan agar alam selalu menyayangi kita.

Demikian sekilas pembahasan tentang pantai timang dengan jembatan dan kerata gantungnya yang menantang dan perlu untuk anda coba. Semoga menambah antusias anda untuk datang. Anda terntantang? Mari datang ke Pantai Timang.

, , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM