keindahan pantai siung

Sekilas tentang Pantai Siung

batu karang pantai siung
batu karang pantai siung

Pantai Siung berada di dusun  Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul,Yogyakarta. Siung dalam bahasa jawa berati gigi taring, diberi nama siung karena dipantai ini terdapat tebing yang tinggi yang bentuknya berbentuk gigi, sehingga oleh orang sekitar disebut pantai siung.

Pantai siung berdekatan dengan pantai jogan, pantai nglambor dan pantai wedi ombo. Selain pemandangan yang menakjubkan, pantai yang bersih, pasir yang putih, pantai ini juga terkenal dengan panjat tebingnya. Banyak para pecinta panjat tebing yang ingin datang dan merasakan panjat tebing di pinggir pantai selatan yang berhubungan dengan samudera hindia ini.

Rute ke Pantai Siung

rute ke pantai siung
rute ke pantai siung

Pantai siung merupakan pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul, selain menggunakan teknologi maps pada hp, anda dapat mengikuti papan penunjuk arah yang terdapat di sepanjang jalan ketika anda sudah berada di Gunung Kidul.

Selain itu Pantai Siung juga bisa dituju dari beberapa daerah disekitar jogja seperti dari Solo, Klaten, Bantul, maupun Jogja Kota. Jadi anda tidak perlu ragu dan takut akan kesasar bila pergi kesana, lagi pula masyarakat Jogja terkenal ramah, asal anda sopan dan mau bertanya mereka pasti akan memberitahukan jalan menuju ke pantai siung.

Fasilitas Pantai Siung

Fasilitas yang dimiliki pantai siung tergolong lengkap dan sudah memadai, dipantai siung sudah terdapat area parkir yang luas dimana ini sangat penting bagi pengunjung, selain itu kamar mandi, mushola dan pendopo juga sudah tersedia.

Bagi anda yang ingin berlama-lama disana atau bahkan menginap tidak perlu khawatir, karena sudah ada penginapan, rumah makan dan bahkan anda bisa berkemah dipantai siung ini.

Tiket Masuk ke Pantai Siung

Harga tiket masuk tergolong sangat murah untuk sebuah pemandangan dan liburan yang begitu indah, anda hanya akan dikenai biaya Rp. 10.000 / orang, itupun sudah termasuk tiket masuk ke Pantai jogan dan Pantai Nglambor. Untuk parkir motor Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000 dan bus Rp. 10.000.

Objek Wisata dan Aktivitas di Pantai Siung

  • Pantai yang bersih dan indah
  • Pemandangan Batu Raksasa
  • Panjat Tebing
  • Berkemah
  • Jalan – jalan di Bukit Pengilon

Tips Wisata ke Pantai Siung

  • Siapkan powerbank supaya Hp dan Kamera anda selalu ON untuk mengabadikan setiap moment dipantai siung, apalagi bila anda memilih menginap.
  • Jika anda ingin melakukan panjat tebing silahkan menghubungi jasa tur untuk paket panjat tebing dan pendampingan keamanan anda.
  • Selalu jaga kebesihan lingkungan, hati, pikiran, ucapan dan tingkah laku supaya alam bersahabat dengan kita.

Mengingat Gunung Kidul merupakan surganya pantai di Jogja, dimana banyak sekali wisata pantai di sekitat pantai siung, maka sebaiknya anda benar-benar menyediakan waktu liburan yang tidak hanya sehari supaya bukan hanya bisa menikmati pantai siung saja, melainkan dapat menikmati pantai – pantai lain yang memiliki  keindahan dan keistimewaan masing-masing.

Di pantai siung anda akan puas dengan panjat tebing, di pantai nglambor anda akan puas dengan pemandangan dasar lautnya dengan snorkeling, di pantai jogan anda bisa menikmati air terjun dipinggir pantai, dan keindahan di pantai lain.

, , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM