keindahan pantai ngrenehan

Alamat : Desa kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

pantai ngrenehan pantai nelayan
pantai ngrenehan pantai nelayan

Pantai Ngrenehan merupakan pantai nelayan dengan panorama yang sangat indah, benar-benar indah untuk anda datangi bersama keluarga. Diapit oleh dua bukit menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk anda berenang dan bermain pasir di pinggir pantai.

Nama Pantai Ngrenehan sendiri merupakan peninggalan Raden Fatah yang tak lain merupakan raja Demak. Ngrenehan diambil dari kata “Reneh” yang dalam bahasa jawa berati “sini“ atau tepatnya “datanglah kesini”. Raden Fatah jauh-jauh datang ke pantai ini karena mencari Ayahnya yang melarikan diri dan Raden Fatah mendapat wangsit untuk datang kepantai ini. Sejak saat itu pantai ini disebut pantai ngrenehan.

Tiket Masuk dan Rute Pantai Ngrenehan

rute menuju pantai ngrenehan
rute menuju pantai ngrenehan

Tiket masuk ke pantai ini sangat murah, hanya Rp5.000 / orang, dan untuk tarif parkitnya yaitu : Rp3.000 (sepeda motor), Rp5.000 (mobil), Rp15.000 (bus sedang) dan Rp20.000 (bus besar). Cukup murah bukan? Apalagi kalau dibanding dengan suasana dan pemandangan yang indah, pasti anda tidak akan menyesal.

Untuk rute menuju ke Pantai ngrenehan juga sangat mudah, nyaman dan aman. Anda tinggal memanfaatkan teknologi maps di smartphone anda maka anda pasti akan sampai. Jika kuota habis pun anda tetap bisa sampai asalkan mau bertanya ke warga dengan sopan.

Objek dan Aktivitas di Pantai Ngrenehan

batu karang di pantai ngrenehan
batu karang di pantai ngrenehan
  • Panorama

Panorama di pantai ngrenah sangat indah, pantainya yang berada dilekukan teluk dengan dikelilingi perbukitan dan batu karang akan memanjakan mata anda dan membuat anda betah berada disana.

  • Spot Foto

Karena panoramanya yang sangat indah, maka akan rugi jika datang kesini tanpa mengabadikanya dengan jepretan kamera. Spot foto ditempat ini sangat banyak dan indah, sangat tepat untuk anda yang suka foto dan dipasang di media sosial anda.

  • Aktivitas Nelayan

Dipantai ini pun anda akan melihat aktivitas para nelayang baik yang mau berangkat, sedang membuat jaring, mempersiapkan diri untuk mencari ikan bahkan anda juga bisa langsung membeli hasil tangkapan nelayan jika anda bertepatan dengan nelayan yang baru pulang.

  • Bukit Karang

Bukit karang yang mengapit pantai benar-benar indah, anda pasti akan suka dan sulit diceritakan dengan kata-kata tentang keindahan bukit karangnya. Biarkan hati dan mata anda yang merasakan keindahanya.

  • Berenang dan Bermain Pasir

Datang kepantai tidak puas kalau tidak berenang dan bermain pasir, dan ini bisa anda lakukan dipanti ngrenahan ini, apalagi dengan  ombaknya yang tidak terlalu besar dan pantainya yang bersih, maka pantai ini sangat aman termasuk bagi anak-anak.

  • Wisata Budaya

Jika anda datang pada saat malam purnama, maka dipantai ini sering diadakan upacara adat oleh masyarakat yang melestarikan budaya lokal.

Tips Berkunjung ke Pantai Ngrenehan

  1. Bawa baju ganti karena anda pasti tergoda untuk bermain air karena keindahan pantai ini.
  2. Harus bawa kamera untuk mengabadikan keindahan dan moment berharga bersama keluarga.
  3. Datang sore sambil menikmati sunset akan lebih indah.
  4. Selalu jaga pikiran, ucapan, tindakan dan kebersihan.

Kiranya artikel ini bermafaat bagi anda yang sedang mencari wisata alam atau wisata pantai di Yogyakarta. Bagi anda yang menyukai panorama indah, maka pantai ngrenehan adalah pilihan tepat untuk anda kunjungi bersama keluarga atau teman dekat anda.

, , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM