air terjun di pantai jogan
keindahan Pantai Jogan
keindahan Pantai Jogan

Terkadang saat kita akan berwisata bersama keluarga ada perbedaan pendapat antara ada yang lebih suka pantai dan ada yang lebih suka air terjun, dan tak jarang akhirnya harus memilih salah satu karena jarak dan waktu yang membuat keterbatasan untuk bisa mengunjungi keduanya.

Tapi kini tidak usah khawatir, anda dapat menemukan solusinya yaitu dengan berwisata ke Pantai Jogan, karena disini merupakan perpaduan antara wisata air terjun dan wisata pantai. Lengkap bukan ? so, mari kita ketahui lebih detail tentang pantai Jogan ini sebelum anda berwisata kesana.

Lokasi dan Rute Pantai Jogan

Rute ke Pantai Jogan dari Pusat Kota
Rute ke Pantai Jogan dari Pusat Kota

Lokasi Pantai Jogan berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Gunung Kidul memang surganya wisata pantai di Yogyakarta, selain di Bantul tentunya. Dimana setiap pantai memiliki pemandangan dan keistimewaan masing-masing.

Rute untuk mencapai ke Pantai Jogan juga sangat mudah, apalagi dengan bantuan aplikasi maps di smartphone anda, anda pasti tidak akan bingung atau takut untuk kesasar. Dari pusat Kota Jogja ke Pantai Jogan berjarak sekitar 80km, anda bisa melewati jalan Ahmad Dahlan, lalu jalan Panembahan Senopati 9, lalu jalan Brigjen Katamso, kemudia ikuti jalur pantai selatan ini ke arah Pantai Siung. Ya, lokasi pantai Jogan memang berada disebelah timur Pantai Siung.

Apabila menggunakan sepeda motor anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Pusat Kota Jogja, namun apabila menggunakan mobil apalagi diwaktu liburan tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama, bisa 3-4 jam.

Tiket Masuk dan Jam Buka Pantai Jogan

Tiket masuk ke Pantai Jogan menjadi satu paket dengan tiket masuk ke Pantai Siung dan pantai Nglambor, yaitu sebesar Rp. 10.000 / orang. Kemudian untuk parkit kendaraan roda dua yaitu sebesar Rp. 3.000, untuk mobil Rp. 5.000 dan untuk Bus Rp. 20.000. Tidak ada jam tutup untuk pantai Jogan ini, anda bisa datang kapanpun dan sepuasnya berada disana.

Keistimewaan Pantai Jogan

pantai jogan gunung kidul yogyakarta
pantai jogan gunung kidul yogyakarta

Keistimewaan dan keunikan Pantai Jogan adalah adanya Air terjun yang langsung jatuh ke laut pantai selatan, ini tentu sulit ditemui di pantai lain. Bayangkan anda berenang dan bermain air di pinggir pantai selatan dan dibawah air terjun sekaligus, tentu sangat mengesankan bukan?

Untuk bisa turun dan menikmati air terjunada dua cara yang bisa dilakukan yaitu petama dengan menuruni jalan setapak yang sedikit licin dan basah. Tapi anda tidak perlu khawatir karena sudah ada pegangan yang dibuat dari kayu. Keistimewaan melalui cara ini adalah setelah begitu sampai bawah anda akan disambut oleh ribuan kepiting, jadi akan terasa geli-geli ngeri. hehehehe

Sedangkan cara kedua yaitu dengan teknik reppelling, namun dengan cara ini anda membutuhkan peralatan dan keberanian. Reppeling yaitu cara menuruni tebing dengan menggunakan tali temali. Teknik reppeling ini akan menambah keseruan terutama bagi anda para pecinta alam.

Objek Wisata

pantai Jogan
pantai Jogan

Selain pantai jogan, disekitar pantai ini juga berdekatan dengan pantai siung yang begitu populer dan pantai nglambor, jadi anda dapat mengunjungi 3 pantai ini sekaligus dalam waktu satu hari dan tanpa biaya tambahan karena tiket masuk sudah satu paket.

Tips ke Pantai Jogan

Reppeling di Pantai jogan
Reppeling di Pantai jogan
  1. Datanglah pada musim hujan karena air terjun akan lebih deras, sehingga menambah keseruan anda.
  2. Gunakan alas kaki karena banyak sekali kepiting disekitar pantai jogan.
  3. Bawa bekal makan mengingat kuliner disini hanya menyediakan makanan instant.
  4. Jaga kelestarian, jaga kebersihan dan selalu mawas diri. Kita berwisata untuk bergembira dan bersyukur atas anugerah sang Pencipta, bukan untuk sombong dan hal-hal senonoh.

Semoga kelestarian pantai jogan dan pantai-pantai lain selalu terjaga sehingga kelak anak cucu kita juga dapat menikmati keindahan alam indonesia yang bagaikan surga di dunia. Mari ajak keluarga teman dan sahabat ke pantai Jogan.

, , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM