Pantai Pulang Sawal Yogyakarta

Sejarah Pantai Indrayanti

Restoran and Cafe Idrayanti
Restoran and Cafe Idrayanti

Pantai Indrayanti sebenarnya bukana nama asli pantai ini, nama Indrayanti diambil dari nama sebuah Restoran & Cafe yang cukup terkenal di daerah pantai ini yaitu Restoran & Cafe Indrayanti, sebelum Pantai ini diresmikan oleh pemerintah dengan nama Pantai Pulang Sawal ( Syawal ).

Pemilik Restoran & Cafe Indrayanti ini sendiri adalah Bapak Indra dan Ibu Yanti, dimana sekarang Restoran & Cafe ini juga seperti menjadi salah satu icon atau lendmark pantai ini. Banyak pengunjung yang selalu menyempatkan makan disini ketika sedang berwisata ke Pantai PulSa sebagian orang menyebutnya.

Jadi pantai ini sekarang memiliki Tiga sebutan nama yaitu Pantai Indrayanti, Pantai Pulang Sawal, dan ada juga yang menyebutnya Panta PulSa.

Lokasi Pantai Pulang Sawal

Lokasi Pantai Indrayanti dari google maps
Lokasi Pantai Indrayanti dari google maps

Lokasi Pantai Pulsa ini berada Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempatnya berdekatan dengan pantai Pantai Sundak yang hanya dibatasi dengan perbukitan karang.

Untuk bisa sampai dilokasi ini sebenarnya akses jalanya sudah cukup mudah dan halus, hanya saja belum ada transportasi umum yang bisa menghantarkan wisatawan untuk bisa langsung ke lokasi ini. Maka bagi wisatawan yang ingin ke Pantai Indrayanti ini, diharapkan menggunakan kendaraan sendiri atau anda bisa menyewa kendaraan yang banyak terdapat di Kota Yogyakarta.

Untuk rute sendiri tentunya tergantung dari mana anda berada, dan tentunya dengan kemajuan teknologi tidak akan sulit menemukan rute terdekat dari tempat anda. Dengan bantuan aplikasi maps dari google pastinya akan sangat membantu anda untuk bisa sampai ke lokasi Pantai PulSa ini.

Pantai Indrayanti, Pantai Bali van Jogja

Karena keunikan dan keindahan pantai Indrayanti ini, banyak wisatawan yang sangat puas datang ketempat ini, mereka merasa seperti sedang berwisata pantai di Bali. Oleh sebab itu banyak Pantai ini dijuliki Pantai Balinya Jogja atau Bali van Jogja.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Loket masuk ke kawasan pantai Indrayanti dibuka 24 jam dengan harga tiket :

 1 tiket masuk Rp.10.000/orang (sudah termasuk akses masuk ke pantai Baron, pantai Krakal, paktai Kukup, pantai Sepanjang, pantai Sundak, dan pantai Drini)

Tarif parkir motor 4.000 dan untuk mobil ± 15.000

Aktivitas Wisata di Pantai Indrayanti:

Wahana Jest Ski di Pantai Indrayanti
Wahana Jest Ski di Pantai Indrayanti

Bermain Pasir Putih.

Pasir pasti menjadi target utama para pecinta liburan di pantai. Dengan pasir putih dan bersih menjadikan wisatawan betah bermain di pinggir pantai sambil bermainan ombak kecil.

Mencari Ikan di Sela-sela Karang.

Diantara pasir dan ombak dipisahkan oleh karang-karang nan indah, jadi terdapat ikan dan biota laut lainya yang dapat anda cari dan menambah keseruan berwisata ke pantai ini.

Foto dari atas Tebing.

Banyaknya tebing di sekitar Pantai Indrayanti ini dan telah diberi anak tangga untuk menuju pucuk karang yang telah dibuat secara swadaya oleh penduduk lokal, sehingga kita bisa menikmati indahnya pantai Indrayanti dari ketinggian.

Berpacu Adrenalin dengan Jet Ski.

Keseruan lain di Pantai PulSa ini yaitu adanya permainan jet ski dengan tarif Rp.250.000,- / 15 menit. Anda akan dibawa oleh drivernya dengan manuver-manuver yang sangat mendebarkan, sehingga tidak jarang banyak penumpangnya jatuh ke air. Namun Anda tidak usah khawatir karena sudah disediakan baju pelampung.

Duduk Santai di bawah Payung.

Di pantai Indrayanti anda dapat menikmati pemandangan dengan menyewa payung dan tikar sehingga tidak perlu khawatir terkena terik panas matahari. Harga sewanya pun terjangkau, cukup Rp.20.000,- sepuasnya.

Fasilitas Pantai Indrayanti

Fasilitas Penyewaan Payung dan tikar di Pantai Indrayanti
Fasilitas Penyewaan Payung dan tikar di Pantai Indrayanti

Tempat Parkir.

Soal Lahan parkir anda tidak perlu khawatir karena Areal parkir pantai Indrayanti terbilang paling luas di banding lahan parkir pantai di Gunung Kidul lainnya, bahkan jika Anda berwisata ke sana dengan menggunakan bis sekalipun.

Tempat Ibadah.

Di pantai Indrayanti terdapat musholla yang bisa kita gunakan untuk menjalankan ibadah shalat. Air wudhu pun disediakan oleh penduduk setempat dan kita cukup memberikan donasi untuk jasa perawatan seikhlasnya.

Penginapan.

Seperti pada umumnya tempat wisata, di pantai Indrayanti banyak terdapat hotel, pondokan di atas bukit dengan panorama pantai, maupun penginapan biasa yang bisa digunakan untuk bermalam. Tarifnya bervariatif, dari yang harga Rp. 100.000,- hingga Rp. 350.000,-/malam berdasarkan jenis penginapan dan hari menginap. Jika Anda datang pada saat liburan tentu harganya akan lebih mahal jika dibandingkan hari lainnya. Tapi jika hari libur, seperti pengalaman saya sebelumnya, hotel dan penginapan bahkan cottage sudah full semua. Jadi jika ingin aman, sebaiknya cari hotel secara online di Wonosari yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan ke pantai Indrayanti. Anda bisa mencari booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “wonosari“.

Warung Makan.

Untuk urusan makan, Anda tidak perlu khawatir. Di sekitar bibir pantai Indrayanti banyak terdapat lapak warung yang menjajakan masakan dengan menu yang cukup bervariasi. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal untuk ukuran tempat wisata. Ada bakmi jawa, nasi goreng, sea food, es kelapa muda dan masih banyak menu menarik lainnya.

Toko Oleh-oleh dan  Cinderamata.

Selain warung makan, di sepanjang jalan masuk ke Pantai yang hanya berjarak 50 meter dari jalan raya ini, banyak terdapat toko oleh-oleh dan cinderamata yang menjual pakaian pantai dan kaos dengan sablon bertuliskan pantai Indrayanti dengan berbagai bentuk kreasi. Harganya pun cukup terjangkau, jika Anda mampu mengeluarkan jurus tawar menawar Anda dengan baik.

Tips Berwisata ke Pantai Indrayanti

  • Bawalah topi dan kacamata hitam untuk menghindari panasnya terik matahari di siang hari.
  • Jika perlu bawalah Sun Block atau  tabir surya agar kulit Anda tidak gosong.
  • Bawa peralatan mandi sehingga Anda tidak perlu beli lagi di tempat wisata nantinya setelah puas bermain ombak dan pasir pantai.
  • Jangan juga lupa membawa sandal jepit. Kalau perlu gunakan sandal jepit setelah Anda keluar dari mobil. Hal ini untuk menghindari panasnya jalan berpasir menuju gulungan ombak dan agar tentunya agar sandal ataupun sepatu kulit Anda tidak rusak karena terkena ombak dan pasir.

Larangan Berwisata di Pantai Indrayanti

Jangan buang sampah sembarangan karena jika kedapatan maka Anda akan didenda Rp.10.000,- per sampahnya. Namun sebenarnya larangan ini sebenanrnya bukan hanya bagi pantai ini saja, sebagai manusia yang memiliki rasa syukur atas keindahan yang di anugerahkan Tuhan, maka sebaiknya bila kita selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

, , , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM