pantai baron gunung kidul yogyakarta

Alamat Pantai Baron : Rejosari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

keindahan pantai baron
keindahan pantai baron

Sekilas Deskripsi Pantai Baron

Pantai Baron adalah salah satu pantai klasik yang terlahir kembali karena telah bertranformasi dan banyak sekali mengalami perubahan dan pengembangan, maka tak heran walaupun banyak pantai-pantai baru di Jogja, tapi pantai baron tetap menjadi pilihan faforit dan memiliki tempat tersendiri di hati wisatawan.

Nama Baron sendiri konon ceritanya diambil dari nama seorang bangsawan dari Belanda yang bernama Baron Skeber. Ada sebuah cerita bahwa dia katanya merupakan seorang yang menawan Panembahan Senopati Kesultanan Mataram. Dulu Baron Skeber datang ke dengan melabuhkan kapalnya dipantai ini, sehingga pantai ini diberi nama Pantai Baron.

Tradisi Budaya Labuhan di Pantai Baron

sedekah laut-larung sesaji-labuhan
sedekah laut-larung sesaji-labuhan

Hampir sama dengan pantai-pantai lain yang memiliki kisah mistisnya, pantai baron pun tak lepas dari cerita mistis. Bagi warga disekitar pantai baron, mereka sangat mempercayai dan menghargai teradap sosok Nyai Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan. Mereka meyakini bahwa laut pantai selatan adalah daerah kekuasaan Ratu Pantai Selatan.

Warga juga meyakini bahwa Kanjeng Ratu adalah sosok yang baik asalkan warga tidak membuat Kanjeng Ratu marah. Oleh sebab itu, setiap tanggal 1 Suro, warga di sekitar pantai baron selalu menggelar ritual atau acara budaya yang diberi nama “labuhan atau Larung Sesaji”. Labuhan bisa diartikan juga sebagai sedekah atau rasa syukur warga masyarakat terhadap alam, dalam hal ini yaitu laut.

Dalam acara labuhan, warga mempersembahkan makanan khas jawa, tak ketinggalan tumpeng dan ingkung serta makanan lainya. Makanan dibawa oleh kapal nelayan ketengah laut sampai akhirnya dilabuh ketengah laut. Sebelum acara labuhan, warga biasanya menggelar acara doa bersama atau “Tahlilan”.

Acara labuhan merupakan acara yang rutin dan tergolong besar bagi warga, acaranya tidak hanya doa bersama dan labuhan saja, melainkan juga banyak acara kesenian yang digelar seperti kuda lumping dan wayang kulit. Maka jika anda berkunjung pas menepati dengan acara ini, maka anda akan menyaksikan keramaian rangkaian acara labuhan.

Tiket Masuk Pantai Baron

Tiket masuk ke pantai baron hanya sekitar Rp. 10.000, seandainya ada kenaikan pun tidak akan banyak. Harga yang sesuai untuk sebuah pantai yang luas dan selalu mengalami perkembangan ini. Selanjutnya jika anda ingin naik ke bukit yang ada Mercusuarnya maka anda akan dikanai biaya tambahan sebesar Rp. 5.000. Sedangkan untuk retribusi parkir yaitu Rp. 2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp. 5.000 untuk mobil, sedangkan untuk Bus antara Rp. 10.000 – Rp 20.000 tergantung besarnya bus.

Keunikan Pantai Baron

pantai baron seperti huruf U
pantai baron seperti huruf U
  1. Berbentuk huruf “U”

Jika dilihat dari atas, pantai baron adalah pantai yang sangat unik karena berbentuk seperti huruf “U”.

  • Terdapat 2 aliran air antara air tawar dan air laut.

Adanya pertemuan antara teluk dan sungai inilah yang menjadi keunikan utama pantai baron, banyak wisatawan yang datang karena ingin melihat keunikan alam yang satu ini.

  • Lengkap

Segalanya ada dan bisa anda lakukan di pantai baron, dari mandi dipanti, berfoto selfie, trekking ke bukit, melihat aktivitas nelayan, camping, atau menikmati kuliner di pinggir pantai semua ada disini.

Objek Wisata, Aktivitas dan Fasilitas di Pantai Baron

mercusuar pantai baron
mercusuar pantai baron
  • Fasitlitas Umum :

Fasilitas umum di pantai baron sudah sangat lengkap dan memadai, dari mulai tempat parkir, toilet, tempat ibadah, warung makan / kuliner, toko souvenir bahkan sampai penginapan pun ada di pantai ini.

  • Camp ground

Bagi anda yang suka berkemah, pantai baron juga merupakan tempat yang cocok bagi anda dan kerabat untuk bermalam disebuah tenda. Terutama bagi anda yang ingin menikmati sunset do sore hari, hembusan angin pantai dimalam hari, dan sejuknya udara pagi di pinggi pantai, maka pantai baron adalah pilihan yang tepat selain pantai wediombo. Apalagi segala fasilitas umum sudah tersedia dipantai ini, maka anda tidak perlu khawatir.

  • Mecusuar

Mercuruar ini berada di bukit sebelah kiri pantai, anda harus berjalan kaki menaiki bukit melewati jalan setapak terlebih dahulu untuk bisa sampau di mercusuar dengan biaya tambahan Rp. 5.000 / orang. Trekking ke atas bukit memang sedikit melelahkan, tapi sesampainya diatas maka anda pasti akan puas. Dari atas mercusuar kita bisa melihat keindahan pantai baron dan sekelilingnya dari atas.

  • Jam matahari di Kawasan Baron Techno Park

Ini adalah objek wisata yang berada di tebing sebelah barat, dimana disana dibangun sebuah kawasan yang bernama Baron Techno Park. Lokasi ini merupakan area pembangkit listrik tenaga surya, dikawasan ini selain anda bisa melihat kincir angin yang indah, anda juga dapat menyaksikan Jam Matahari yang merupakan salah satu contoh dari hasil tenaga surya.

  • Tempat memancing

Mancing mania pun akan mendapatkan kesenanganya tersendiri jika datang kepantai ini, karena di pantai baron ini juga terdapat spot pancing yang banyak digemari oleh warga dan pengunjung yang datang.

Untuk rute menuju pantai baron memang tidak kami jelaskan secara detail disini, karena kami percaya bahwa wisatawan saat ini sudah sangat pandai dan berpenglaman dalam mencari sebuah alamat karena adanya kecanggihan teknologi maps di smartphone. Kami lebih akan membagikan tips bagi anda yang akan datang kesana.

Tips berkunjung ke Pantai Baron

  • Hati-hati dalam perjalanan

Rute menuju pantai baron melewati jalan yang halus namun naik turun dan berkelok-kelok, jadi bagi si driver harus berhati-hati, dan bagi anda yang menumpang dan kebetulan anda adalah orang yang sering mabuk kendaraan maka anda harus bersiap-siap.

  • Bawa pakaian ganti

Tidak mungkin anda hanya akan duduk diam saja dipinggir pantai seindah pantai baron, anda pasti akan tergiur untuk bermain air atau aktivitas lain yang berakibat basah, kotor atau berkeringan, jadi siapkan pakaian ganti.

  • Baterai kamera harus full

Banyak spot dan moment berharga yang harus anda abadikan apalagi ketika sunset, jadi anda harus menyiapkan kamera anda supaya batrai selalu dalam keadaan full, kalau perlu bawa powerbank.

  • Cukup bawa uang saja

Disini anda tidak takut kelaparan atau perlu membawa bekal, karena kuliner di pantai baron sangat enak, apalagi sambil menikmati sejuknya udara pantai, sajian kuliner khas laut pasti akan lebih nikmat. Harganya juga sangat wajar untuk sebuah kuliner di tempat wisata.

  • Jaga pikiran, ucapan, tindakan

Ini penting, jadikan alam sebagai sahabat yang harus kita jaga kebersihanya, bukan hanya dari sampah kotoran, tapi juga dari ucapan dan tindakan supaya alam juga sayang terhadap kita.

jam matahari di baron techno park
jam matahari di baron techno park

Jadi, tunggu apalagi? Segera agendakan dan ajak kerabat anda untuk berwisata pantai ke jogja, banyak pantai indah yang harus anda kunjungi selain pantai baron seperti pantai Indrayanti, pantai Jogan, dan pantai lainya di sekitar Gunung Kidul.

, , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM