10 Tujuan Wisata Indonesia yang Jarang Diketahui!
Transportasi
Tempat Menginap
Aktivitas dan Hiburan
Tagihan & Isi Ulang
Produk Tambahan
traveloka
Explore
0
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan

Markus Yohannes

10 Jan 2021 - 7 min read

Ini Dia 10 Destinasi Wisata di Indonesia yang Jarang Diketahui

Ingin liburan nggak biasa? Berikut surga wisata tersembunyi di Indonesia yang masih jarang diketahui!

Wisata Tersembunyi Indonesia - Indonesia kaya dengan alamnya dan tidak akan pernah habis untuk dieksplorasi. Banyak sekali hidden gem atau surga wisata tersembunyi di Indonesia yang menunggu untuk dikunjungi.

Nah, kalau kamu suka tantangan dan ingin liburan di tempat yang tidak biasa, berikut ini adalah rekomendasi dari ribuan destinasi wisata di Indonesia yang jarang diketahui:

Surga Wisata Tersembunyi di Indonesia

1. Danau Kakaban, Kalimantan Timur

Danau Kakaban | Sumber gambar: Pesona Indonesia

Lokasi: Pulau Kakaban, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia

Wisata tersembunyi di Indonesia yang pertama adalah danau air tawar yang berada di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Berbeda dengan danau lain yang biasanya dihuni ikan tawar, danau ini dihuni oleh ubur-ubur. Namun, kamu nggak perlu khawatir karena ubur-ubur di objek wisata Indonesia yang jarang diketahui ini tidaklah menyengat, sehingga kamu bisa bebas berenang di sini.

Danau Kakaban merupakan salah satu dari dua tempat di dunia di mana kamu bisa menemukan spesies ubur-ubur yang tidak menyengat ini, selain Jellyfish Lake di Micronesia.

Hotel & Penginapan Terbaik di Berau

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Berau dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

2. Kawah Ijen, Jawa Timur

Kawah Ijen | Sumber gambar: Liputan 6

Lokasi: antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia

Meskipun belakangan objek wisata Indonesia satu ini sudah mulai populer, namun awalnya keberadaan Kawah Ijen ini tidaklah setenar kawah putih ataupun gunung-gunung lain yang ada di Indonesia.

Tidak perlu jauh-jauh ke Islandia untuk bisa melihat fenomena blue fire atau api berwarna biru, karena fenomena langka ini bisa kamu lihat langsung di Kawah Ijen yang berada di Banyuwangi. Di destinasi wisata Indonesia yang jarang diketahui orang ini kamu bisa melihat aktivitas penambang batu belerang di siang hari dan menikmati indahnya blue fire di malam hari.

Hotel & Penginapan Terbaik di Banyuwangi

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Banyuwangi dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

3. Pantai Pink, Nusa Tenggara Timur

Lokasi: Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Bicara soal wisata di Pulau Komodo, pasti yang terbesit di dalam benakmu adalah keseruan menyaksikan langsung satwa endemik Indonesia ini secara lebih dekat. Namun, di pulau ini masih terdapat surga wisata tersembunyi Indonesia yang masih jarang diketahui orang-orang, yakni pantai dengan pasir berwarna merah muda.

Di seluruh dunia, hanya ada tujuh pantai yang memiliki pasir berwarna pink dan salah satunya berada di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Warna pasirnya ini berasal dari butir-butir warna pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang berwarna merah muda. Air laut di sekitar Pantai Pink sangat jernih, sehingga sangat cocok untuk snorkeling atau diving.

Untuk mencapai ke destinasi wisat Indonesia, waktu tempuhnya sekitar 2 jam dari Kota Mataram melalui jalur darat maupun laut karena lokasinya cukup terpencil.

Hotel & Penginapan Terbaik di Labuan Bajo

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan terbaik di Labuan Bajo dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

4. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau Gunung Tujuh | Sumber gambar: Wikipedia

Lokasi: Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi, Indonesia

Danau Gunung Tujuh yang berada di Kerinci, Jambi ini merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini dinamakan Gunung Tujuh karena dikelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Destinasi wisata Indonesia yang jarang diketahui ini termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya di puncak Gunung Tujuh, sehingga butuh usaha untuk bisa sampai ke danau ini.

Namun, dibalik sulitnya mencapai tempat wisata tersembunyi ini, pemandangan yang ditawarkannya begitu indah dan sepadan. Di salah satu sudut kawasan wisata Indonesia ini terdapat hamparan pasir seperti pantai yang sering dijadikan tempat berkemah.

Hotel & Penginapan di Jambi

Temukan lebih banyak hotel dan penginapan di Jambi dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

5. Pemandian Air Soda, Sumatera Utara

Pemandian Air Soda | Sumber gambar: Wikipedia

Lokasi: Desa Parbubu I, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Indonesia

Terdengar aneh? Tenang, kamu nggak salah baca, nama tempat wisata di Indonesia yang jarang diketahui orang-orang ini memang Pemandian Air Soda. Destinasi wisata di Indonesia ini berada di Tarutung, Sumatera Utara dan merupakan kolam air soda satu-satunya yang ada di Indonesia.

Namanya kolam air soda karena ada banyak gelembung-gelembung yang berasal dari dalam kolam dan bentuknya menyerupai soda. Kini, pemandian air soda ini ramai dikunjungi wisatawan. Tertarik mampir?

Hotel & Penginapan Terbaik di Tapanuli Utara

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Tapanuli Utara dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

6. Pantai Giliyang, Jawa Timur

Pantai Giliyang | Sumber gambar: Liputan 6

Lokasi: Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur

Ingin menikmati udara menyegarkan? Cobalah main ke Pantai Giliyang yang berada di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pulau ini terkenal memiliki kualitas oksigen terbaik di dunia dan kandungan oksigennya di atas rata-rata wilayah lainnya, yakni 21%. Tak cuma menikmati udara yang sehat, disini kamu juga bisa mengunjungi banyak destinasi wisata Indonesia menarik lainnya seperti pantai-pantai dan goa.

Hotel & Penginapan Terbaik di Sumenep, Madura

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Sumenep dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

7. Air terjun Sipiso-Piso, Sumatera Utara

Air terjun Sipiso-Piso | Sumber gambar: Wikipedia

Lokasi: Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia.

Tepat di sebelah Danau Toba di Desa Tongging, Sumatera Utara, terdapat air terjun Sipiso-Piso. Air terjun ini tingginya 120 meter. Kamu bisa naik ke atas air terjun untuk menikmati pemandangan Danau Toba yang menakjubkan dan sekelilingnya dari atas.

Kalau kamu hanya ingin berjalan di bawah air terjun, percikkan saja wajahmu dengan air alami yang dingin supaya segar. Dengan pemandangan yang sangat indah, rasanya waktu akan berlalu dengan cepat saat berada di surga wisata tersembunyi Indonesia satu ini.

Hotel & Penginapan Terbaik di Karo

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Karo dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

8. Leuwi Hejo, Jawa Barat

Lokasi: Cibadak, Sukamakmur, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat

Tak jauh dari Jakarta, kamu juga wisata menemukan wisata Indonesia tersembunyi yang tak kalah memukai yakni, Leuwi Hejo yang berada di Sentul, Bogor. Leuwi Hejo adalah salah satu dari banyak air terjun yang jernih di daerah Sentul.

Sesampai di objek wisata yang jarang diketahui ini, kamu akan disambut oleh gemericik air segar yang mengalir deras dari satu ujung ke ujung lainnya dan udara segar. Bagian terbaiknya? Pengunjung diperbolehkan untuk berendam di air dingin yang menyegarkan ini secara gratis, lho!

Hotel & Penginapan Terbaik di Cibadak

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Cibadak dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

9. Pantai Wedi Ombo, Yogjakarta

Pantai Wedi Ombo | Sumber gambar: Wikipedia

Lokasi: Jepitu, Girisubo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Pantai Wedi Ombo yang terletak di ujung kabupaten Gunung Kidul ini di dominasi oleh batuan karang dengan pasir putih. Untuk mencapai ke pantai ini memakan waktu tempuh 2 jam lebih dari Kota Yogjakarta.

Meskipun jaraknya cukup jauh, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan yang menenangkan di sepanjang jalan dan begitu tiba di destinasi wisata di Indonesia yang masih jarang diketahui ini segala rasa capek terbayarkan oleh indahnya pemandangan pantai.

Di objek wisata Indonesia ini, kamu bisa snorkeling, berselancar, memancing atau sekadar bersantai, kumpul bersama teman, dan menikmati sunset di Wedi Ombo. Bagi kamu yang ingin berkemah di pinggir pantai, tidak perlu khawatir karena pantainya bersih sudah tersedia kamar mandi serta toilet.

Hotel & Penginapan Terbaik di Yogyakarta

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Yogyakarta dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

10. Pantai Ora, Maluku

Pantai Wedi Ombo | Sumber gambar: Wikipedia

Lokasi: pulau Seram, kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku, Indonesia.

Merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, tak heran rasanya Indonesia menyimpan banyak sekali pantai-pantai indah yang mungkin masih jarang diketahui. Belibur ke timur Indonesia, salah satu surga wisata tersembunyi Indonesia yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Ora.

Tak cuma bersihnya pasir pantai dan jernihnya air laut, bentang pegunungan kapur yang menjadi latar belakang semakin menambah keindahan objek wisata di Indonesia yang sudah bisa disejajarkan dengan Maladewa ataupun Bora-Bora yang tersohor di Perancis.

Mampir ke destinasi wisata Indonesia satu ini, jangan lewatkan kesempatan nikmati indahnya alam bawah laut di perairannya dengan snorkeling ataupun diving.

Hotel & Penginapan Terbaik di Maluku Tengah

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Maluku Tengah dengan penawaran harga terbaik di Traveloka

Berbagai destinasi wisata di Indonesia yang jarang diketahui di atas siap menjadi tempat untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk kota. Surga wisata tersembunyi Indonesia mana yang paling membuatmu penasaran?

Daripada penasaran, lebih baik segera rencanakan penjelajahanmu ke destinasi wisata Indonesia tersebut. Lebih mudah dan praktis karena semua kebutuhan perjalananmu bisa kamu temukan di aplikasi Traveloka! Mulai dari beli tiket pesawat dan tiket kereta, booking hotel dan penginapan, hingga cari penawaran-penawaran seru di Traveloka Eats dan Traveloka Xperience semua tersedia di aplikasi Traveloka!

Info tempat wisata yang belum terkenal lainnya [Klik disini]