Ketep pass adalah obyek wisata yang memadukan wisata alam dan wisata edukasi. Sebagai wisata alam Ketep Pass menyugguhkan keindahan pegunungan dan sebai wisata edukasi pemahaman tentang kegunungapian khususnya gunung Merapi. Berada pada ketinggian 1.200 mpdl, Ketep Pass menyajikan pemandangan yang indah khas dataran tinggi.

Sejarah Ketep Pass
wisata ketep pass di magelang dalah di prakarsai oleh H. Mardiyanto selaku Gubernur Jawa Tengah, yang mengubah bukit ketep menjadi tempat wisata. Diresmikan pada 17 Oktober 2002, oleh Presiden Megawati Sukarno Putri. Dengan dibukanya ketep pass sekaligus menandai dibukanya akses solo-selo-borobudur.

Luas Ketep Pass sekitar 8.000 m², dilengkapi dengan fasilitas gardu pandang, Ketep Volcano Theatre, Ketep Volcano Centre, teropong, Ketep Pass Restaurant, Pelataran Panca Arga, arena bermain anak-anak, area parkir yang luas dan mushola.

Fasilitas Wisata Ketep Pass

  • Museum Vulkanologi: Museum ini memiliki luas sekitar 550 m persegi. Di dalamnya berdiri miniatur Gunung Merapi, komputer interaktif yangi berisi tentangi dokumen kegunungapian, beberapa contohi batu-batuan bukti letusan dari tahun ke tahun, posteri puncak Garuda yangi berukuran 3x3m, posteri peringatan dini lahar Gunung Merapi, dan juga beberapa foto dan poster yangi menggambarkan kisah dari aktivitas Gunung Merapi.
  • Bioskop mini: Memiliki kapasitas tempat duduki yangi cukup banyak, yaitu 78 kursi. Bioskop ini menyajikan film berupa sejarah dari Gunung Merapi yangi meliputi peristiwa terbentuknya Gunung Merapi, jalur-jalur pendakian, penelitian di puncak Garuda, letusan dahsyati Gunung Merapi, dan berbagai peristiwa yangi terjadi dalam rentetani waktu tertentu. Durasi dari film ini cukupi pendek, hanyai sekitar 25 menit.
  • Teropong: Jumlah teropong yangi ada di Ketep Pass ini adalah 2 buah. Masing-masing beradai di puncak Panca Arga dani Gardu Pandang. Dengan teropong ini, para pengunjung dapati melihat dengan jelasi keindahan panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Slamet.
  • Pelataran Panca Arga: Panca Arga Mempunyai arti lima gunung. Lokasi ini merupakani puncak tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pass. Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapati melihat 5 gunung, yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Selain kelima Gunung tersebut pengunjung jugai dapat melihat dani menikmati gunung-gunung kecili dan bukit-bukit yangi sangat indah antara lain Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Bukit Menoreh, Bukit Telomoyo, dan lain-lain.
  • Gardu Pandang: Berupa 2 buah gazebo masing-masing dengani ukuran empat persegi panjang dani bangunan segi delapan dengan panjang panjang sisi lima meter. Dari Gardu Padang ini, pengujung dapat melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Merbabu, sertai hamparan lahan pertanian yangi ada di kedua kaki Gunung tersebut.
  • Restaurant Ketep Pass: Lokasinya berada diatas vulcano teatre, dengan dinding kaca sangat cocok untuk menikamati makanan hangat sambil memandang panorama yang indah.
  • Area Parkir : Area parkir cukup luas, jangan khawatir untuk lokasi parkir, karna memang pengelola wisata ketep pass sudah mempersiapkan dengan baik.

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Ketep Pass Magelang

  • Menonton Film Dokumenter: Film tentang erupsi Merapi tahun 2010 silam dapat anda saksikan di Ketep Volcano Theatre. Durasi sekitar 25 menit, tidak ada jadwal tayang khusus, tetapi bila penoton minimal sudah 15 film langsung diputar.
  • Meneropong : Di Pelataran Panca Arga dan gardu pandang anda dapat menyewa teropong dengan membayar Rp 5.000, Anda dapat melihat bentukan-bentukan atau kontur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu secara lebih dekat. Selain teropong yang disediakan pengelola, kamu juga bisa menyewa binokuler dari warga.
    Sunrise Seeing; Ketep Pass Magelang menawarkan pengalaman untuk menikmati sunrise yang sedikit berbeda, karena sunrise terlihat diantara gunung kembar merapi dan merbabu.
  • Hunting Foto; Bagi penggemar landscape, Anda bisa mengabadikan sunrise dengan latar belakang gunung yang megah, dengan areal pertanian warga yang membentuk keindahan. Sedangkan bagi penggemar foto-foto human interest, kamu bisa memotret petani yang sedang beraktivitas di ladang, penjual sayur, penjaja jagung bakar, dan beragam momen menarik lainnya.
  • Belajar Tentang Gunung Merapi; Di Museum Gunung Merapi akan mendapatkan informasi tentang Gunung Merapi dan gunung api secara keseluran di Indonesia dan dunia, Ketep Volcano Centre hanya menyajikan informasi tentang Gunung Merapi.

Harga Tiket

  • Tiket masuk Ketep Pass dan museum (Rp 500,- asuransi pengunjung) Rp 7.500,-
  • Tiket Ketep Volcano Theatre Rp 7.000,-
  • Tiket tropong Rp 5.000,-
  • Pakir sepeda motor Rp 2.000,-
  • Parkir mobil Rp 5.000,-
  • Parkir mini bis Rp 7.000,-
  • Parkir bis besar Rp 12.000,-
  • Tiket wisatawan mancanegara (tiket masuk area + musium + Ketep Volcano Theatre) $ 3

Tempat Wisata dan Lokasi Menarik di Sekitar Ketep Pass Magelang

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang berada di perbatasan Magelang-Boyolali, air yang sejuk dan eksotis. Tapi ekstra hati-hati dengan potensi longsor terutama di musim hujan.

Kebun Buah Strawberry Banyuroto

Anda bisa memetik buah strawberry sendiri, anak-anak akan merasa senang sekali.

Top Selfie Pinusan Kragilan

Top Selfie Pinusan Kragilan menawarkan berbagai spot Instagrammable. Dilatar belakangi Hutan pinus, tempat ini sangat layak untuk di kunjungi

Candi Pendem dan Candi Asu

\Kedua candi ini letaknya berdekatan, juga bisa sebagi media belajar tentang sejarah dan budaya serta sebagai spot instagrammable yang unik.

Taman Doa Maria Ratuning Katentreman lan Karaharjan, Gantang.

Adalah wisata Religi, sekedar melihat atau untuk berdoa adalah tempat yang indah

, , , , , , , , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM