Keindahan Candi Selogriyo
Suasana Candi Selogriyo di Siang HariFoto By : Ade Nur Rahmawan
Suasana Candi Selogriyo di Siang Hari
Foto By : Ade Nur Rahmawan

Jadiwisata.com Setelah kemarin membahas tentang Candi Borobudur yang ada di Magelang, kali ini masih di lokasi yang sama di Kabupaten Magelang juga, tetapi tempatnya berada di sebelah utara Candi Borobudur. Yah, Candi Selogriyo namanya.  Tidak seperti Candi Borobudur, yang tempatnya sangat luas serta bangunan Candi yang begitu besar, Candi Selogriyo cenderung  terletak di area terpencil dan bangunan Candi  yang  tidak begitu besar.  Tetapi, jangan salah Keindahan di area Cagar Budaya Candi Selogriyo ini sangatlah indah dan mempesona, sepanjang mata memandang, anda akan di suguhkan dengan pemandangan berupa bentangan sawah yang sangat indah,bahkan turis dari mancanegara pun menyebut lebih indah dari Ubud yang ada di Bali.

Pemandangan Di Candi Selogriyo
Pemandangan Di Candi Selogriyo

Candi Selogriyo merupakan peninggalan dari kerajaan Hindu sekitar abad ke – 9. Pada awal di temukannya Candi Selogriyo ini, keandaannya tidak seindah seperti yang sekarang. Karena pada awal di temuknnya Candi ini dalam keadaan runtuh dan oleh pemerintah setempat dilakukan rekonstruksi sehingga membentuk seperti  bangunan candi pada umumnya. Bahkan setelah di kelola dengan baik, Cagar Budaya Candi Selogriyo ini semakin indah dan menarik minat wisatawan baik dari Dalam Negeri maupun dari Luar Negeri.

Letak Cagar Budaya Candi Selogriyo

Dari Candi Borobudur Ke Candi Selogriyo
Dari Candi Borobudur Ke Candi Selogriyo

Cagar Budaya Candi Selogriyo terletak di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaen Magelang. Apabila anda akan bertolak dari Candi Borobudur menuju Candi Selogriyo, jarak yang akan di tempuh sekitar 28km dan berkisar satu jam perjalanan. Rute yang paling cepat untuk menuju Candi Selogriyo ini adalah melewati Kecamatan Bandongan, tepatnya pertigaan pasar bandongan  lalu belok ke kanan ( kalau anda dari arah magelang kota ) ke arah Windusari. Selama perjalanan, anda akan melihat papan petunjuk yang mengarahkan ke Candi Selogriyo, jadi anda tidak perlu khawatir akan tersesat di jalan. Anda juga bisa bertanya pada masyarakat sekitar tentang keberadaan Candi Selogriyo. Atau kalau anda malu untuk bertanya, bisa  juga anda memanfaatkan Telepon Pintar milik anda dengan membuka aplikasi peta google.

Pertigaan Bandongan Arah Candi Selogriyo
Pertigaan Bandongan Arah Candi Selogriyo

Perlu di ketahui, untuk sampai ke lokasi Candi, kendaraan anda tidak bisa langsung sampai ke lokasi tujuan. Karena, jalan menuju Candi Selogriyo hanya berkisar lebar 1m saja, jadi untuk kendaraan roda empat harus parkir di tempat parkir yang sudah di sediakan yaitu di Dusun Campurejo. Lalu anda akan berjalan kaki menuju Candi kurang lebih 1.5km. Ada dua jalur yang bisa anda gunakan, yaitu melalui pematang sawah dan melalui jalur irigasi. Kalau anda ingin melihat pemandangan sekitar, lebih baik anda melalui jalur pertama yaitu melalui pematang sawah. Dan kalau anda tidak ingin melewati area persawahan, anda bisa melalui jalur irigasi yang sudah di Paving. Dengan melalui jalur Irigasi ini, anda bisa juga menggunakan kendaraan roda dua dan akan langsung tiba di depan Candi.

Cagar Budaya Candi SelogriyoFoto By : Vero Chantika
Cagar Budaya Candi Selogriyo
Foto By : Vero Chantika

Tiket Masuk Cagar Budaya Candi Selogriyo

Untuk masalah yang satu ini, jangan di ragukan lagi. Karena tarif untuk bisa memasuki Candi Selogriyo ini sangatlah murah meriah, tidak lebih dari biaya satu kali makan anda di restoran  Yaitu:

Rp.3000,- Untuk wisatawan dalam negeri.

Rp.10.000,- Untuk wisatawan dari Luar Negeri.

Tarif Tiket Masuk Candi Selogriyo Untuk Wisatawan Lokal
Tarif Tiket Masuk Candi Selogriyo Untuk Wisatawan Lokal

Harga Tiket tersebut  kemungkinan bisa berubah seiring berkembangnya jaman, tapi setidaknya masih terjangkau untuk kantong kita. Dan akan terbayar ketika sudah merasakan keindahan pemandangan sekitar Candi yang Begitu mempesona. Wisata di tempat ini juga di Rekomendasikan untuk anda bersama pasangan, atau bersama dengan Keluarga tercinta. Jangan lupa Abadikan momen  yang spesial di tempat ini ya?

Tips Buat Anda Yang Akan Mengunjungi Candi Selogriyo

  • Bawa Air Minum Karena perjalanan samapai ke lokasi Candi yang lumayan jauh, anda di rekomendasikan untuk membawa air minum, supaya anda tidak kehausan selama perjalanan. Meskipun di sekitar Candi ada yang jual, tapi setidaknya kalau anda sudah mempersiapkan sebelumnya, akan lebih baik.
  • Datang di Pagi Hari Kalau anda sampai tujuan pada pagi hari, udaranya begitu segar, bersih,  dan tenang.  Anda akan terlupa dengan hiruk pikuk kota yang begitu bising ketika berada di tempat ini di pagi hari.
  • Sewa Ojek atau Kendaraan Roda Dua Bagi anda yang tidak kuat buat jalan kaki, anda bisa juga menyewa kendaraan roda dua atau pakai jasa ojek untuk bisa sampai lokasi. Biasanya para pengelola menyediakan jasa ini. Dan ini sangat bermanfaat buat para pengunjung yang akan menuju lokasi Candi Selogriyo.
Candi Selogriyo di Pagi Hari
Candi Selogriyo di Pagi Hari

Semoga artikel singkat ini bermanfaat buat anda yang akan berkunjung ke Candi Selogriyo Magelang Jawa Tengah.

, , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM