jembatan ondo langit banyubiru

Salah satu desa di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah terus berinovasi menghadirkan satu destinasi wisata yang digandrungi masyarakat.

Yang terbaru, yaitu wisata Ondo Langit, yang berada di Desa Wisata Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Wisata Ondo Langit saat ini cukup ngehits di kalangan wisatawan. Meski berada di pelosok desa serta berada dihimpit pegunungan setempat, wisata Ondo Langit menjadi familiar bagi wisatawan.

Mereka berbondong mendatangi kawasan itu untuk menikmati wahana petualangan di Sepakung. Pengunjung dipaksa memacu adrenalinnya ketika mencoba wahana ini.

Ondo Langit Sepakung
Ondo Langit Sepakung

Ondo Langit atau Tangga Langit jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, merupakan wahana wisata yang cukup memompa adrenalin sekaligus wisata alam nan indah. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati sensasi menaiki tebing curam setinggi 45 meter melalui jalur buatan dan menikmati pemandangan alam dari lereng tebing berwarna-warni itu

Laksmi, warga Meteseh Kota Semarang, misalnya. Sejak melihat foto Ondo Langit di media sosial, dia langsung tertarik karena pemandangan alam yang indah dan tidak biasa. Namun, untuk mengunjungi tempat tersebut pada hari Minggu, ibu tiga anak itu merasa tak akan sabar menunggu antrean yang cukup banyak. Karenanya, begitu ada waktu luang pada hari kerja, Laksmi langsung mengajak dua rekannya meluncur ke Ondo Langit.

“Sensasinya memang luar biasa. Saya mesti mengalahkan rasa takut saya untuk berjalan di tebing. Tapi, semua itu terbayarkan dengan pemandangan yang indah. Instagramable juga sih,” ujarnya

Akses cukup jauh

Namun demikian, untuk mencapai Sepakung, wisatawan harus bersiap-siap karena akses ke lokasi memang sangat menantang. Papan penunjuk jalan di samping jalan bahkan berbunyi, “Anda memasuki wilayah spot jantung.”

Benar saja, akses ke Sepakung dilalui dengan tanjakan yang amat tajam. Pengendara harus berhati-hati untuk melewati jalur itu.

Namun perjalanan dengan rasa was-was itu terbayar ketika sampai di Sepakung. Desa di lereng Gunung Telomoyo itu menghadirkan wisata alam dan budaya yang baik. Hamparan pertanian berbukit memanjakan mata. Pemandangan itu makin cantik dengan adanya permainan dan rumah kayu dengan area persawahan.

Pemanfaatan Dana Desa

Mulai dikenalnya Desa Sepakung, tidak lepas dari keberhasilan pihak desa dalam mengoptimalkan dana desa untuk mengembangkan potensi wisata di wilayahnya. Banyak destinasi wisata yang dibangun di desa ini, dan yang paling ngehits saat ini adalah Wahana Ondo Langit, di kawasan objek wisata Gumuk Reco.

“Wahana Ondo Langit memang sekarang yang menjadi unggulan di desa kami. Setiap hari, wahana ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Pada akhir pekan saja, pengunjung bisa mengantre ratusan orang untuk menunggu giliran menaiki wahana ini,” kata Kepala Desa Sepakung, Ahmat Nuri.

“Kami mengembangkan objek-objek wisata itu dengan memanfaatkan dana desa. Selain itu juga ada bantuan dari Pemkab Semarang dan Pemprov Jateng untuk peningkatan infrastruktur menuju objek wisata,” paparnya.

Pemanfaatan dana desa untuk optimalisasi potensi wisata, lanjut Ahmat, ternyata berdampak signifikan. Selain membuat desa semakin terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan, pendapatan desa dari wisata juga meningkat drastis.

“Untuk wisata Gumuk Reco dengan wahana Ondo Langitnya saja, bisa menghasilkan Rp50-60 juta perbulan. Kalau ditotal dengan wahana-wahana wisata lainnya, pemasukan ke desa bisa mencapai ratusan juta perbulannya,” paparnya.

Tiket Masuk Gumuk Reco Sepakung

Tiap-tiap pengunjung berlibur disana wajib membayar tiket masuk wisata. Tenang, harga tiket masuk tergolong murah yakni hanya Rp. 5.000 per pengunjung. Selain itu jangan lupa membayar ongkos parkir kendaraan, jika kawan membawa kendaraan pribadi sebesar Rp. 2.000.

ondo langit ambarawa
ondo langit ambarawa

Ingin lebih hemat dan lebih berkesan, tak hanya sekedar foto-foto saja ketika disana, maka sebaiknya kawan mengambil paket wisata yakni kurang lebih Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000 per wisatawan. Nah, fasilitas dari paket wisata desa Sepakung yaitu terdiri dari.

Cenderamata
Homestay
Transportasi
Makan dua kali
Guide profesional
Soft drink
Air terjun gua Semar
Cemoro Sewu
Bukit Klarasan
Ayunan langit
Sendang ariwulan

Jika memang Anda berminat memakai jasa paket wisata bisa langsung saja hubungi nomor 0857-4277-7778

, , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM