islamic center tulang bawang barat

Islamic Center Tubaba merupakan obyek wisata yang kini sangat populer dan menjadi kebanggaan bagi warga Tulang Bawang Barat, Lampung. Terang saja, karena dulu nyaris tidak ada tempat wisata di Kabupaten ini, namun sekarang Tubaba memiliki banyak sekali destinasi wisata dan salah satu yang paling keren yaitu Islamic Center Tubaba.

Tubaba merupakan salah satu kabupaten baru di Lampung, berawal dari Kabupaten Lampung Utara yang mengalami pemekaran menjadi Tulang Bawang, dan kini mengalami pemekaran lagi sehingga lahirlah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dan di era kepemimpinan Bupati Umar Ahmad, orang pribumi asli Lampung, kini wajah Tulang Bawang Barat berkembang pesat.

Islamic center tubaba
Islamic center tubaba

Tentu dengan dibangun nya banyak destinasi wisata di Tubaba ini dapat menghapuskan image dimana dulu Tubaba dianggap pelosok, sepi, rawan dan bahkan bukan merupakan destinasi wisata di Lampung. Namun kini, banyak orang baik dari luar kabupaten Tubaba maupun dari luar Lampung yang datang ke Tubaba untuk berlibur. Tentu ini akan menjadi kemajuan bagi kabupaten Tubaba.

Islamic Center dibangun di sebuah Komplek yang bernama Kompleks Dunia Akhirat yang terletak di Tiyuh Panaragan Jaya. Kompleks ini diresmikan oleh Menteri Agama Drs. H. Lukman Hakin Saifudin pada 11 Oktober 2016.

Di Islamic Center Tubaba ini terdapat Masjid yang diberi nama “Masjid Baitus Shobur” yang berati “Tempat Orang yang Sabar”. Bentuk vertikal melambangkan hubungan antara manusia dengan Allah SWT, sedangkan bangunan Sesat Agung yang dibangun horizontal melambangkan pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia.

islamic center tubaba lampung
islamic center tubaba lampung

Masjid Baitus Shobur memiliki 114 pilar yang melambangkan bahwa didalam Al-quran ada 114 Surat, tingggi 30M yang melambangkan 30 juz, kubah bersegi 5 yang melambangkan Sholat 5 waktu yang wajib dalam Islam, dan 99 lubang pada atapnya yang melambangkan seperti 99 Sinar Asma’ul husna.

Selain bernuansa Islami, kompleks ini juga merupakan pusat budaya di Tubaba. Banyak sekali pagelaran seni yang digelar di kompleks ini, dari tari, drama, musik Q-tik khas Tubaba dan pagelaran seni lainya. Salah satu yang sering menampilkan pagelaran seni di kompleks Islamic Center ini adalah Sanggar Pakem yang dipimpin oleh Khoirul Hartoko yang kerap berkolaborasi dengan seniman-seniman besar Indonesia.

Bagi anda yang suka traveling, cobalah untuk datang ke Tubaba. Anda pasti tidak akan mengira bahwa di salah satu Kabupaten yang baru saja terbentuk tapi sudah memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah. Anda tidak perlu khawatir atau takut karena Tubaba saat ini aman dan nyaman. Ayo kunjungi Islamic Center Tubaba.

, , , ,
Latest Posts from JadiWisata.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *