Gunung Tidar Magelang

Sudah tahu kah anda bahwa di Magelang memiliki tempat wisata yang indah di tengah-tengah kotanya? Mungkin anda pernah mendengarnya tapi belum pernah mengunjunginya. Gunung Tidar Magelang, lokasinya berada di tengah Kota Magelang. Gunung Tidar ini sebenarnya lebih tepatnya adalah sebuah bukit, namun sudah terkenal dengan sebutan Gunung. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang Gunung Tidar ini :

Memiliki Sejarah yang Ngeri

Ritual Selametan di Gunung Tidar
Ritual Selametan di Gunung Tidar

Menurut cerita dimasyarakat, jaman dahulu kala tempat ini merupakan tempat yang sangat angker karena dipenuhi oleh jin-jin jahat. Karena keangkerannya, barang siapa yang berani datang ketempat ini maka orang tersebut pasti akan mati. Oleh sebab itu tempat ini diberi nama TIDAR yang berati Mati dan Modar yang dalam bahasa Indonesia artinya Meninggal.

Namun itu adalah cerita dahulu kala, saat ini tempat ini sudah menjadi destinati wisata alam dan religi yang indah. Karena merupakan wisata Religi, maka aura mistis pun tergolong cukup kental di area ini. Oleh sebab itu bagi anda yang berkunjung di Wisata Gunung Tidar ini sebaiknya anda menjaga sikap dan tutur kata, jangan sampai ngalamun, kosong pikiran, dan berkata-kata yang jorok dan sembarangan. Kita harus menjaga keasrian dan kesakralan tempat Wisata ini.

Wisata Alam yang Indah

Wisata Alam Gunung Tidar
Wisata Alam Gunung Tidar

Gunung Tidar merupakan bukit yang dipenuhi dengan Pohon Pinus yang indah dan asri. Tempatnya sejuk dan sangat nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga. Dari sini anda bisa menikmati keindahan Kota Magelang dari ketinggian karena disana terdapat gardu pandang.

Wisata Conservasi modern

Konservasi Monyet di Gunung Tidar
Konservasi Monyet di Gunung Tidar

Begitu memasuki Kawasan Wisata Gunung Tidar anda akan disambut dengan gerombolan monyet yang sangat banyak, tapi tidak usah khawatir karena monyet-monyet ini tidak berbahaya. Monyet-monyet ini memang sejak dahulu sudah berada di Kawasan Gunung Tidar, dan itulah yang menambah keunikan kawasan wisata ini. Anda bisa membawa pisang atau kacang lalu bisa anda berikan kepada monyet-monyet ini, tentunya anda akan sangat senang melihat monyet-monyet ini berebut makanan dari anda.

Wisata Religi yang penuh History

Monumen-Tugu-Paku-Bumi-1
Monumen-Tugu-Paku-Bumi-1

Kawasan Gunung Tidar dijuluki juga sebagai Paku Bumi, yang dipercaya sebagai Pakunya Tanah Jawa, penyangga yang menjaga jawa tetap aman dan nyaman. Hal ini terlihat dari adanya Tugu Putih yang menyerupai sebuah paku yang ditancapkan ke Tanah. Konon ceritanya paku ini dulu ditancapkan oleh Syekh Subakir, yaitu seorang Ulama dari Turki yang berhasil mengalahkan jin-jin disitu dengan  menggunakan senjata berbentuk tombak yang panjangnya 7m yang bernama tongkat Kyai Sepanjang. Oleh sebab itu di Kawasan ini terdapat makam Syekh Subakir dan Kyai Sepanjang yang kini banyak dikunjungi wisatawan untuk memanjatkan doa dan berziarah. Selain itu dikawasan ini juga ada makam Kyai Semar, namun tidak ada informasi yang bisa memastikan apakah yang dimaksud semar disini adalah sosok Semar yang ada di pewayangan yang merupakan salah satu tokoh Punokawan.

Selain tempatnya yang berada di tengah Kota Magelang, Wisata Gunung Tidar ini pun tergolong wisata yang murah. Anda hanya akan dimintai restribusi sebesar Rp. 3.000 untuk tiket masuk. Murah bukan? Dan yang menyenangkan lagi bahwa di sekitar lokasi ini anda akan menemui pusat oleh-oleh khas Magelang yang terkenal enak dan murah seperti Wajik, Getuk, Jenang dan masih banyak lagi. Dan tentunya jika anda berkunjung ke Magelang belum lengkap jika belum menikmati kuliner khas Magelang yaitu Tahu Kupat dan Senerek.

Ayo… jadi wisata? Jadi donk….

, , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM