Dusun Butuh Kampung Nepal

Dusun Butuh yang beralamatkan di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang saat ini ramai dan viral di media sosial dan banyak diperbincangkan banyak orang karena keunikan tempatnya yang mirip sekali dengan kampung di Nepal di Pegunungan Himalaya, india. Keunikan ini yang membuat banyak orang ingin datang menyaksikan dan menikmati pemandangan dan kesejukan di tempat ini.

Dusun Butuh Kampung Nepal
Dusun Butuh Kampung Nepal

Selain untuk menikmati pemandangan, banyak wisatawan yang data untuk berselfie dan mengisi dinding sosial media mereka untuk eksistensi. Wajar saja, karena pemandangan di Dusun Butuh ini sangat mirip dengan Nepal di India, sehingga seolah-olah anda seperti sedang berada di India. Selain pemandangan yang indah, disana kita juga dapat menikmati keramahan warga kampung sambil menikmati kopi dan gorengan yang murah sederhana tapi sangat nikmat. Sangat baik untuk mereleksasikan mata, pikiran dan tubuh kita.

Dusun Butuh berada di ketinggian 1.700 mdpl, berada di lereng Gunung Sumbing. Di dusun ini rumah-rumah pun berderetan persis berada di bawah Gunung Sumbing. Bahkan, foto keberadaan dusun tersebut beberapa waktu yang lalu sempat viral di media sosial. Traveler yang suka dengan pemandangan alam maupun tracking bisa berkunjung menuju dusun ini. Bagi traveler yang datang dari luar kota, untuk sampai lokasi ini disarankan agar ekstra hati-hari karena kondisi jalan yang menanjak. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan anda sehat dan kuat untuk jalanan menanjak.

Di sepanjang perjalanan dari di kawasan ini akan melihat hamparan tanaman sayur mayur menghijau. Kemudian, jika pas terang bisa melihat keindahan Gunung Sumbing dari kejauhan. Wisatawan juga bisa langsung membeli sayur mayur dari petani jika mau, dijamin murah dan fresh. Selain itu, bagi yang hobi naik gunung, desa ini merupakan salah satu basecamp pendakian menuju Gunung Sumbing.

Dusun Butuh Kampung Nepal di Kaliangkrik Megelang
Dusun Butuh Kampung Nepal di Kaliangkrik Megelang

Gunung Sumbing sendiri terbagi menjadi tiga wilayah, Magelang, Wonosobo dan Temanggung. Di tengah dusun, sungai mengalir membelah dusun. Lokasi dusun ini berjarak kurang lebih 20 kilometer, sekitar setengah jam perjalanan dari Kota Magelang menggunakan sepeda motor. Sekitar satu jam kurang menggunakan mobil melalui jalan Bandongan dan jalan raya Kaliangkrik.

Jumlah penduduk Dusun Butuh sekitar 610 KK dan 2.500 jiwa. Mayoritas warga bekerja sebagai petani. Mereka menanam berbagai sayuran mulai dari kentang, wortel, kol dan sayuran lainnya. Kepala Dusun Butuh Lilik Setyawan, menuturkan, cerita soal Dusun Butuh yang bak Nepal mulai muncul tepat setahun lalu pada bulan Juni 2019.

Kisah Viralnya Dusun Butuh dimulai ketika ada seorang pendaki senior yang liburan ke Dusun Butuh, Pendaki senior ini juga sempat berkunjung ke Nepal. Lalu tercetus celoteh mengenai Dusun Butuh yang mirip sekali dengan Nepal. Foto dusun butuh yang terkenal dengan pemandangannya bak nepal diunggah di media sosial, hingga viral. Sampai saat ini, Dusun Butuh pun kerap disebut sebagai Nepal-nya Kabupaten Magelang.

Keistimewaan lain dari Dusun Butuh adalah warga dusun ini yang sangat ramah dengan pengunjung. Pengunjung maupun pendaki yang datang ke sini dianggap seperti tamu yang ingin bersilaturahmi. Jadi, bagi anda yang suka dengan pemandangan pegunungan, udara sejuk, dingin, segar serta senang dengan kehidupan sosial yang ramah, maka tempat ini sangat tepat bagi anda. Selain berwisata, anda juga dapat menambah kenalan atau bahkan bisa menambah saudara warga Kampung Butuh ini.

, , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *