snorkeling danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin merupakan salah satu objek wisata air yang lokasiya terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tempat wisata alam ini saat ini dikelola oleh masyarakat sekitar dan bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin yang menaunginya. Danau ini memiliki keuikan yaitu memiliki dua rasa, asin di bagian dasarnya dan tawar di bagian permukaannya. Dinamakan Labuan Cermin di karena kan airnya begitu bening dan mengkilap layaknya cermin

Berpose Di Danau Labuan Cermin Siang Hari
Berpose Di Danau Labuan Cermin Siang Hari

Waktu terbaiknya di danau ini yakni siang hari pada saat matahari bersinar cerah akan terpancarlah pesonanya yang tiada tara. Airnya sangat super bening, jernih, laksana cermin. Batang-batang pohon maupun bebatuan yang ada di dalam air akan terlihat jelas dari atas perahu saat kita mengelilinginya. Bahkan perahunya pun terlihat seakan seperti melayang di foto, dan membuat orang yang melihat foto nya menaruh curiga menuduh foto tersebut adalah sebuah editan yang amat canggih! Makanya nggak berlebihan kalau danau ini disebut Labuan Cermin.
Kalau berkunjung ke sini saat pagi hari atau tiba di sini sore hari dimana saat matahari sudah mulai bermalas-malasan, danau ini penampakannya tak lebih hanya danau berwarna hijau toska kebiruan “dari fotonya”. Apa istimewanya? Itu mungkin komentar orang yang hanya melihat “foto salah timing” tersebut. Aslinya tetap jernih banget air nya cuma hasil foto pas pagi dan sore hari.

Danau Labuan Cermin Saat Sore Hari
Danau Labuan Cermin Saat Sore Hari

Menyelami danau
Seperti danau pada umumnya airnya sangat tenang dan hampir nggak ada arus dan kedalamannya variatif, mungkin kedalamannya yang paling dalam nggak lebih dari 10 m. Sempat mencoba menyentuh dasar danau di dekat dermaga, dan dive comp menunjukkan angka +/-6 m. Formasi bebatuan dan Batang kayu di bawah air menambah eksotis bawah danau. Air yang begitu jernih wisatawan pun dapat melihat satwa air danau yang muncul ke permukaan. Satwa satwa tersebut dapat terlihat dengan sangat jelas.

snorkeling danau Labuan Cermin
snorkeling danau Labuan Cermin

Naik Perahu
Kita bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. sambil berfoto foto diatas prahu.

perahu danau labuan cermin
perahu danau labuan cermin

Berfoto ria di perjalanan
Di sepanjang perjalanan menuju Danau Labuan Cermin, wisatawan akan disuguhi pemandangan pohon sawit dan pantai dengan pasir putih nya yang indah. Sembari melakukan perjalanan menuju lokasi, wisatawan yang hobinya fotografi dapat memanfaatkan panorama tersebut sebagai background yang sangat indah.

Kamu bisa menuju pantai yang dekat dengan Labuan Cermin yaitu pantai Idaman.
Dan masih banyak lagi.

danau labuan cermin dari atas
danau labuan cermin dari atas

Lokasi
Alamat: Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur 77373
Walau pun rutenya jalan menuju wisata tersebut cukup jauh dari pusat kota, Tapi jangan kawatir saat ini setiap sudut jalan akan ada petunjuk arah untuk pergi menuju ke labuan cermin. Apalagi saat ini google maps sudah bisa menjangkau ke tempat tersebut, sehingga akan lebih mudah.

Baca juga : Pantai idrayanti dan pantai parangtritis

Rute Menuju Labuan Cermin
Untuk dapat sampai ke Danau Labuan Cermin “labuan cermen lake”, kamu memerlukan waktu cukup lama dari bandara Samarinda ya kurang lebih sekitar 8 jam perjalanan. Tapi tenang semua akan terbayar lunas jika kamu sudah sampai ke tempat lokasi wisata tersebut. Sepanjang perjalanan kamu bisa melihat ada banyak panorama yang menajubkan, dan asiknya perjalanan ke arah labuan cermin lake juga akan melewati Kutai Nasional Park yaitu hutan lindung yang ada di kalimantan timur.
Kamu juga bisa memulai perjalanan menuju Danau Labuan Cermin dari kota barau, untuk jarak ke lokasi labuan cermin dari kota barau ya hampir sama lah dengan jarak dari bandara samarinda.

Danau Labuan Cermin Kalimantan
Danau Labuan Cermin Kalimantan

Jam Buka: 07:00-17:00 WIB
Kontak: 0812-8455-5030
Alamat: Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur 77373
Harga Tiket: Gratis

Harga Tiket Masuk Dan Biaya Sewa Perahu
Sebenarnya untuk harga tiket masuknya sendiri gratis. Akan tetapi ketika kamu ingin menikmati keindahan alamnya langsung dari atas air atau masuk kedalam airnya, kamu pasti memerlukan peralatan seperti perahu, snorkele, kaki katak, atau pelampung. Untuk biaya sewa perahunya di danau labuan cermin ini adalah 100 ribuan.
“Harga dapat berubah sewaktu waktu”

pantai dekat danau labuan cermin
pantai dekat danau labuan cermin

Setelah lelah menjelajahi danau labuan cermin, kamu bisa langsung lajut menikmat keindahan alam menuju pantai yang dekat dengan lokasi ini yaitu pantai Idaman. Atau kamu bisa menginap di sekitar lokasi ini terlebih dahulu. Untuk harga penginapan di labuan cermin berkisar antara 150 sampai dengan 250 ribu permalamnya. Sangat murah bukan???

Ketika anda akan berkunjung ke tempat ini, sebaiknya anda membawa dana yang lebih. Karena di sana banyak sekali wahana yang menarik dan menantang yang bisa dinikmati. Untuk menikmati wahana tersebut anda harus menyewa perlengkapan yang telah di sediakan di sana.

Jika kamu tidak mau ribet dengan biaya untuk berwisata ke lokasi ini, kamu dapat menyewa pemandu wisata.

, ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM