Candi Umbul Magelang

Jadi Wisata.com – Candi Umbul adalah salah satu peninggalan bersejarah kerajaan Mataram Kuno di Kabupaten Magelang. Candi ini pada jamannya diperuntukan pemandian putri raja.

Destinasii wisatai yangi satui inii menggabungkani antarai wisatai budayai dengani rekreasii keluarga. Candi Umbul merupakani salahi satui situsi purbakalai penginggalani darii Kerajaan Mataram Kunoi antarai tahuni 800 – 850 M atau abadi 9 M. Samai sepertii Candi Selogriyo, Candi Gedongsongo dan Candi Dieng.

Lokasi

Terletak di lembah Sungai Elo, di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, tepatnya Jalan Candi Umbul, Grabag, Perkebunan, Kartoharjo, Grabag, Magelang, Jawa Tengah 56196.

Kalau Anda datang dari arah Jogja, setelah terminal secang ada pertiggan Grising belok kanan. atau anda bisa ikuti Penujuk Arah

Lokasi Sekitar Pemandian
Bebatuan sekitar Pemandian; foto by : Nunung Anggraeni

Sejarah Candi Umbul

Asali usuli penamaani Candi Umbul berasali darii katai Umbul (bahasa Jawa) karenai sumberi airi yang keluari darii dasari kolami selalui menyembuli serupai gelembung-gelembung, ataui yang dii masyarakati Jawai disebuti mUmbul (naik). Kolami dii situsi inii terbagii menjadii duai tempat. yang pertamai (terletaki dii bagiani atas) merupakani kolami airi panas,gi mengandungi belerang. Sedangkani kolami keduai (lebihi rendah) berisii airi dingin. Keseluruhani dindingi kolami terbuati darii lapisan-lapisani batui andesit. Padai zamannya, kolami inii merupakani tempati pemandiani parai putra-putrii bangsawan.

Pemandian Air Hangat Candi Umbul
Pemandian Air Hangat Candi Umbul; Foto by: balijogja.com

Sejumlahi batuani situsi berjejeri dii tepiani kolami menggambarkani berbagaii reliefi tumbuhan, binatang, dani stupai bagiani puncaki candi. Dani secarai keseluruhani Candi inii masihi menampakani nuansai sejarahnya. Keberadaani umpaki (fondasi) yang terdapati dii setiapi suduti dasari kolami merupakani tiangi penyanggai atapi pelindung. Sedangkani batuani laini berbentuki linggai datari merupakani alasi duduki untuki bersemadii parai ksatria.

Darii reliefi dani beberapai petilasani bentuki linggai dani yonii dii beberapai titik, membuktikani bahwai Candi Umbul merupakani Candi bercoraki Hindu. Jikai meniliki sejarahi perkembangani Kerajaani Matarami Kuno, kemungkinani besari Candi inii dibanguni olehi Dinastii Sanjayai yang beragamai Hindhu.

Pemandian Candi Umbul Grabag Magelang
Pemandian Candi Umbul Grabag Magelang; Sumer:www.magelangkab.go.id

Tidaki banyaki cirii bangunani Candi yang tersisai dii areai Candi Umbul saati kini. Namuni demikiani dii dalami kolami terdapati beberapai batui umpaki berbentuki linggai yang datari dii permukaani bagiani atasnya. Dii sampingi sebagaii patirtani (tempati mandi), sangati dimungkinkani keberadaani landasani batui umpaki berbentuki linggai tersebuti dulunyai dipakaii sebagaii alasi tempati duduki untuki bertapai kungkumi ataui bertapai rendami parai ksatriai padai masai lalu

Keunikan Pemandian Candi Umbul

Tidak seperti pemandian air panans lainnya, yang biasanya airnya berbau belerang. Di Candi umbul, yaitu air disitu tidak berbau belerang, tetapi mandi disitu juga bisa dimanfaatkan untuk anda yang mengalami masalah dengan penyakit kulit

2 Kolam Di Candi Umnul
ada 2 Kolam di Candi Umbul; Sumber Foto :www.magelangkab.go.id

Dengan sumber air panas yang tidak pernah surut, diperkirakan terdapat sumber panas bumi yang potensial. Panas bumi menjadi salah satu sumber daya alam yang dapat diandalkan kalau mampu di kembangkan. Maju terus pariwisata kab Magelang

Tiket Masuk dan Jam Buka Pemandian Candi Umbul

  • Buka Setiah hari dari jam 06:00 WIB s/d 18:00 WIB
  • Harga Tiket :
    • Hari Kerja : Rp 5.000
    • Weekend : Rp 7.000
  • Call Center :  0877-3414-3050

Tips untuk Anda Yang Berkunjung Ke Pemandian Candi Umbul

  • Datang di Pagi hari, hal ini memungkinkan Anda serasa punya tempat pemandian pribadi. karna sebagain besar pengunjung lainna datang pada waktu sore hari. Selain itu dipagi hari anda akan menemukan suasana alami alam yang asri dengan suara burung burung yang merdu.
  • Datang pada hari kerja, pada hari kerja biasanya pengunjung sedikit, terlebih dipagi hari. Seandainya tempat kerja Anda dekat dengan lokasi Candi Umbul, sangat menyenangkan mandi disitu sebelum masuk kerja, badan jadi hangat dan bersemangat kerja.
  • Menjaga Kelestarian Situs, Anda harus ingat, Candi Umbul adalah Cagar Budaya yang harus kita lestarikan, dan kita cintai sebagai bentuk Cinta pada Budaya Bangsa Indonesia. Oleh karena itu jangan merusak situs yang ada, jangang corat-coret.
  • Jaga Kebersihan Lingkungan, buang sampah pada tempatnya, jangan buang sembarangan. Yang perlu anda ketahui bahwa air dari Candi Umbul dialirkan ke sawah-saeah sekitar. Mari kita berbagi kebaikan, jangan berbagi sampah. 
Segarnya Pemandian Air Hangat Candi Umbul Magelang
Segarnya Pemandian Air Hangat Candi Umbul Magelang, Sumber Foto: www.magelangkab.go.id

, , , , , , , , , , , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM