Pemandangan di Area Candi Sewu
Petunjuk Arah Candi Sewu
Petunjuk Arah Candi Sewu

Candi Sewu merupakan Candi peninggalan Buddha terbesar ke Dua setelah Candi Borobudur. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi. Posisi candi ini berada di sebelah utara Candi Prambanan. Dan hanya berjarak sekitar 800 meter saja. Menurut penelitian, Usia Candi ini diperkirakan lebih tua dari Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Meskipun jumlah Candi tidak seperti namanya  ‘ sewu ‘ yang dalam bahasa indonesia berarti seribu, dalam kenyataannya Candi ini hanya terdiri dai 249 Candi saja.

Baca Juga : Taman Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Sejarah Candi Sewu

Candi Sewu berasal dari bahasa jawa yang berarti seribu. Padahal nama asli candi ini adalah ”Prasada Vajrasana Manjusrigrha” Yang Berarti Prasada bermakna Candi atau Kuil, sementara Vajrajasana bermakna tempat, Wajra intan atau halilintar bertakhta, sedangkan Manjusri-grha bermakna Rumah Manjusri. Awal mula di temukan Candi ini Sekitar tahun 1960 dan di bangun sekitar abad 8 Masehi dan merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang saat itu di pimpin oleh Raja Termahsyur Rakai Panangkaran.

Patung di Dinding Candi Sewu
Patung di Dinding Candi Sewu

Meskipun Candi Sewu bercorak Agama buddha, dan Candi Prambanan bercorak Agama Hindu, Mereka selalu hidup berdampingan dengan harmonis dan adanya toleransi antar umar beragama. Sehingga sejak jaman dulu kedua umat ini tidak saling bertikai karena beda pandangan tentang kepercayaan menganut Agama. Sungguh luar biasa bukan ?

Baca Juga: Candi Bubrah, Kini Berubah Wajah

Mengingat luasnya keagungan Candi Sewu ini, diperkirakan pada jaman dulu Candi ini sebagai pusat peradaban buddha terbesar di di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Candi ini terletak di lembah Prambanan, dan di lembah ini tersebar candi-candi dan situs purbakala yang berjarak hanya beberapa ratus meter satu sama lain. Hal ini menunjukkan bahwa kawasan ini merupakan kawasan penting artinya dalam sektor keagamaan, politik, dan kehidupan masyarakat Jawa Kuna.

Pada tahun 2006 Kawasan Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan mengalami gempa Bumi yang cukup dahsyat. Sehingga mengakibatkan kerusakan parah pada Candi-Candi di Jawa Tengah termasuk Candi Sewu ini. Saat setelah mengalami kerusakan akibat gempa bumi, untuk alasan keamanan Candi Sewu ini tidak dapat di kunjungi wisatawan. Karena kondisinya tidak memungkinkan. Tetapi setelah mengalami pemugaran, kini Candi sewu ini bisa di kunjungi lagi oleh wisatawan.

Letak Candi Sewu

Dari Yogyakarta Menuju Candi Sewu
Dari Yogyakarta Menuju Candi Sewu

Secara administratif, kompleks Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Akses Menuju Candi ini bisa menggunakan kendaraan Roda empat, ataupun roda dua. Apabila anda akan bertolak dari Yogyakarta menuju Candi ini, anda akan menempuh perjalanan sekitar 17,9 kilometer dan akan memakan waktu sekitar satu jam perjalanan. Kalau anda akan menggunakan Transportasi umum, anda bisa menggunakan Bus Trans Jogja yang beroperasi setiap hari.

Seperti biasanya, Harga Tiket Memasuki Candi pada umumnya sangat tejangkau, Kalau di Candi Ini Tarif Tiket sekali masuk adalah Rp.10.000.- per orang dan Biaya parkir kendaraan roda dua Rp.2000,- sedangkan biaya Parkir untuk Kendaraan roda empat sebesar Rp.5000,-. Fasilitas yang di sediakan di Candi Sewu ini antara lain : Parkiran yang cukup Luas, Toilet, Mushola, Penyewaan Penginapan, dan panggung hiburan.

Upacara Waisak Di Pelataran Candi Sewu
Upacara Waisak Di Pelataran Candi Sewu

Tips Bagi Anda yang Akan Mengunjungi Candi Sewu

  • Pastikan Kondisi Badan anda dalam Keadaan Fit Karena area wisata Candi Sewu sangat luas, kalau kondisi tubuh anda fit, anda akan bisa lebih leluasa menelusuri seluk beluk Candi dengan mudah.
  • Sedia Payung Area Candi identik dengan bebatuan yang gersang, oleh karena itu bawalah Payung saat mengunjungi wisata Candi sewu, karena saat matahari terik, akan sangat cepat menguras energi kalau anda kepanasan.
  • Bawalah Air Minum Air minum sangat penting dalam perjalanan anda saat mengunjungi Candi yang berada di Area Luar. Berbeda dengan saat anda berjalan-jalan di Mall yang tiap sudut ruangannya dilengkapi dengan AC. Jadi saat mengunjungi Candi, akan lebih cepat merasakan haus.
  • Alas Kaki Yang Nyaman Pakailah sepatu atau sandal yang nyaman untuk jalan-jalan, karena kalau anda ( yang perempuan ) memakai sepatu hak tinggi akan sangat kesulitan saat meng-eksplorasi area Candi. Celakanya kalau sampai kaki anda terkilir, bukanya senang malah dapat musibah, Jangan sampai terjadi ya ?
  • Datang di Pagi Hari Kalau anda malas untuk membawa payung, ada baiknya saat anda berkunjung ke Candi Sewu ini saat pagi hari. Selain udara masih terasa segar, hawa atau cuacanya belum begitu panas. Sehingga anda akan merasa nyaman saat menikmati pemandangn Candi Bersama Keluarga Tercinta.

Itulah uraian singkat tentang Candi Sewu yang ada di Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Jadi gimana nih, jadiwisata nggak ya ? Harus jadi dong,hehe

, , , , , , , , , , , , , ,
Latest Posts from JadiWisata.COM