Taman Wisata Candi Sojiwan / Sajiwan
Tampak Depan Candi Sajiwan / Sojiwan
Tampak Depan Candi Sajiwan / Sojiwan

Candi Sajiwan atau dikenal juga dengan nama Candi Sojiwan ini memiliki gaya arsitektur Jawa Tengah pada masa abad ke – 9, ciri khasnya yaitu memiliki Tiga komponen yaitu dasar atau pondasi, tubuh candi dan atap candi. Bangunan utama memiliki luas 401,3 meter persegi dengan tinggi 27 meter dan berdiri di lingkungan komplek seluas 8.140 meter persegi. Posisi candi ini menghadap ke Barat.

Lokasi Candi Sajiwan atau Sojiwan

Patung-Budha-di-Candi-Sajiwan
Patung-Budha-di-Candi-Sajiwan

Lokasinya berada di Desa Kebondalem Kidul, di sebuah dusun bernama Kalongan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Karena berlokasi di Kecamatan Prambanan, tentunya lokasi Candi Sajiwan ini tidak berjauhan dengan Candi Prambanan.

Akses menuju ke lokasi Candi Sojiwan pun sangatlah mudah, hanya sekitar 5 menit dengan kendaraan bermotor dari pintu masuk Candi Prambanan, jaraknya hanya sekitar 1 kilometer dari Candi Prambanan kea rah tenggara. Anda tentunya bisa menggunakan aplikasi maps di handphone anda, atau anda bisa bertanya kepada warga sekitar.

Pendiri Candi Sajiwan

Candi Sajiwan ini di bangun oleh Raja Belitung, yang dipersembahkan sebagai penghormatan kepada neneknya yang bernama Nini haji Rakryan Sanjiwana alias Ratu Pramodhawardhani. Candi Sajiwan atau Sojiwan ini dibangun pada tahun 842 – 850 Masehi, hampir bersamaan dengan pembangunan Candi Plaosan. Diberi nama Sajiwan karena di ambil dari nama Sanjiwana itu sendiri.

Bersadarkan prasasti Rukam  yang berangka 829 Saka (907 M) yang berada di Museum Nasional menjelaskan akan adanya upacara peresmian perbaikan Desa Rukam oleh Nini Jahi  Rakrayan Sanjiwana sebelum desa ini hancur karena letusan Gunung Merapi. Sebagai rasa balas budi kepada Nini Sanjiwana, warga Desa Rukam diberi kewajiban untuk menjaga dan melestarikan bangunan suciyang teletak di Limwung. Bangunan suci inilah yang sekarang disebut Candi Sajiwan.

Keindahan Candi Sojiwan

Keindahan Taman Wisata Candi Sojiwan
Keindahan Taman Wisata Candi Sojiwan

Candi Sajiwan memiliki pemandangan alam yang indah, sangat cocok dinikmati untuk liburan bersama pacar, teman, atau keluarga. Harga tiket masuknya pun sangat murah, hanya 5.000 Rupiah. Karena keindahan pemandangan di sekitar kompleknya, maka saat berwisata ke Candi Sajiwan ini anda tidak hanya semata-mata melihat Candi saja, tapi bisa jalan-jalan santai, duduk menikmati indahnya pemandangan sambil menikmati makanan dan minuman yang ada disana atau yang anda bawa sendiri dari rumah. Jangan lupa untuk mecoba menikmati segarnya es tebu yang ada disana, sangat nikmat diminum diwaktu panas terik.

Yang menjadi ciri khas dari Candi Sajiwan ini adalah adanya 12 relief di kakinya, yaitu :

Relief Dinding Candi Sajiwan
Relief Dinding Candi Sajiwan

1.  Relief dua pria yang sedang berkelahi

2.  Relief angsa dan kura-kura.

3.  Relief garuda dan kura-kura.

4.  Relief kera dan buaya.

5.  Relief tikus dan ular.

6.  Relief serigala dan wanita.

7.  Relief raja dan putrid seorang patih.

8.  Relief gajah dan kambing.

9.  Relief manusia singa.

10.  Relief serigala dan banteng.

11.   Relief kinara.

12.  Relief singa dan banteng.

Relief ini dipetik dari cerita Jataka, cara membacanya yaitu menuju kearah selatan. Sayangnya sebagian relief ini sudah mulai aus atau rusak.  Candi Sajiwan pernah mengalami pemugaran yang dilakukan oleh pengelola yaitu pada tahuun 2006 dan 2011. Pemugaran dilakukan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3 ) Jawa Tengah.

Karena letaknya yang berada diantara Kota Yogyakarta dan Jawa Tengah, maka tempat ini sangatlah tepat untuk anda jadikan salah satu destinasi wisata bersama orang-orang tercinta untuk mengisi waktu liburan anda. Candi bersejarah, pemandangan yang indah, penginapan murah, dan makanan-makanan lezat dan nikmat dapat anda temukan di sekitar sana, jadi jangan takut kecewa untuk datang ya.

, , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM