Cagar Budaya Candi Retno
Cagar Budaya Candi Retno
Cagar Budaya Candi Retno

Candi Retno, terletak di Utara Kabupaten Magelang, di sebuah Dusun yang juga sangat unik namanya yaitu Dusun Setan, Desa Candiretno Kecamatan Secang. Candi Retno merupakan salah satu Candi peninggalan kerajaan Mataram yang berlatar belakang Hindu. Candi Retno ini di tetapkan sebagai salah satu Cagar Budaya oleh Pemerintah Kabupaten Magelang melalui  SK Menteri NoPM.24/PW.007/MKP/2007 dengan Nomer REGNAS RNCB.20160630.02.001000 dan dibawah pengelolaan Badan Pelestarian Cagar Budaya ( BPCB ) Jawa Tengah serta dilindungi oleh UU RI No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Cagar Budaya Candi Retno
Cagar Budaya Candi Retno

Candi Retno diperkirakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno pada abad 8 – 9 M. Dulu nya Candi Retno ini berada di Pemakaman Kuno yang diperkiran ada sejak 17-18 M, namun sekarang sudah di evakuasi ke Pemakaman Umun yang ada di Kampung sekitar. Penemuan Candi Retno sendiri dulu di awali dengan penemuan sebuah arca oleh warga sekitar yang berprofesi sebagai tukang cetak batu bata. Tanpa sengaja saat warga tersebut menggali tanah, dia menemukan sebuar arca yang kemudian dilaporkan ke perangkat desa dan ditindaklanjuti oleh Pemerintah. Penelitian tentang Candi Retno ini pun dilakukan beberapa tahap oleh para Ahli yang berasah dari Universitas Gadjah Mada. Luas pondasi Candi berukuran 11,70 meter x 11,70 meter dan Candi nya sendiri berukuran 5,75 Meter X 5,75 Meter dengan posisi menghadap ke Timur. Dari bahan bangunan Candi nya sendiri, batu yang digunakan di Candi Retno ini berbeda dengan batu yang digunakan oleh kebanyakan Candi di Jawa Tengah. Jika Candi yang lain menggunakan batu Andesit, maka untuk Candi Retno ini menggunakan batu bata untuk bangunanya, namun jangan di bayangkan kalau batu batanya seperti batu bata yang untuk rumah-rumah modern saat ini ya.  Dulu di Candi ini ada sebuah Yoni bernama Arca Nindi namun untuk menjaga keutuhanya sekarang Arca tersebut sudah dipindahkan ke Museum Karmawibangga yang ada di Candi Borobudur.

LokasiLokasi Cagar Budaya Candi Retno
Lokasi Cagar Budaya Candi Retno

Karena lokasinya yang di tengah pemukiman penduduk, ukurannya juga sangat kecil, dan tidak adanya temmpat wisata lain di sekitar Candi Retno tersebut, maka tidak heran jika Candi ini sepi pengunjung, dan disebut juga dengan Objek wisata dengan minat khusus. Pengunjung yang datang adalah mereka yang sangat menyukai tentang sesuatu yang bernilai sejarah, baik untuk keperluan penelitian atau untuk kepuasan pribadi. Candi ini juga bisa dikatakan kurang terurus dan bahkan tidak ada hal menarik lainya yang menambah daya tarik pengunjung untuk dating ke Candi Retno ini. Karena sepi pengunjung ini pula, makanya di sekitar lokasi candi ini pun tidak nampak pedagang-pedagang layaknya tempat wisata lainya.

Bila anda ingin berkunjung kesana, mungkin lebih mudah jika anda menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil, karena Lokasi Candi Retno berada di perkampungan dan hampir tidak seperti tempat wisata lain pada umumnya. Bila anda mencari menggunakan teknologi yang ada di smartphone anda, tempat ini juga mudah di akses, tetapi seandainya tanpa panduan aplikasi di handphone pun anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya karena anda akan di pandu dengan penunjuk sederhana, dan jangan takut akan kesasar asalkan anda tidak malu untuk bertanya kepada warga di sekitar sana. Syarat nya yang penting anda bertanya dengan sopan ya. Bagi anda yang kesana dengan mengajak keluarga dan anak-anak, mungkin anda harus melakukan pemahaman dan pengawasan kepada anak anda, karena bagi anak-anak  yang belum paham mengenai wisata bersejarah, Candi Retno ini dimata mereka akan tampak seperti bekas rumah roboh atau tumpukan material sisa pembangunan rumah sehingga dikhawatirkan mereka akan bermain sesuka hati mereka dan mengakibatkan kerusakan pada Candi tersebut.

Semoga kedepan Pemerintah yang bersangkutan dapat memikirkan untuk membuat Candi Retno ini menjadi tujuan wisata yang layak untuk dikunjungi. Mungkin dengan menambahkan objek wisata alam atau wisata edukasi baru yang lebih menarik wisatawan. Selain untuk menjaga kelestariannya, tentu saja dengan semakin ramenya wisatawan yang datang kesana juga semakin menambah peningkatan perekonomian warga di sekitar Candi Retno sendiri.

, , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM