Cagar Budaya Candi Pendem
Pemandangan Candi Pendem Magelang Jawa Tengah
Pemandangan Candi Pendem Magelang Jawa Tengah

Meskipun ukurannya yang tidak besar, Cagar Budaya Candi Pendhem termasuk kategori wisata budaya atau sejarah. Karena candi itu adalah bukti nyata dari peninggalan kerajaan Hindu. Pada zamannya, daerah ini banyak berdiri kerajaan yang merupakan sebuah keagungan dan kemajuan peradaban. Cagar Budaya ini berada di sekitar lahan pertanian milik warga masyarakat setempat. Dan area Candi ini juga tidak begitu luas. Dengan demikian, candi ini termasuk golongan candi yang berukuran kecil.

Memang Provinsi  Jawa Tengah terkenal akan peninggalan sejarah berupa Candi, oleh karena itu, obyek wisata budaya berupa Candi sangatlah mudah di temukan di daerah ini. Mulai dari candi yang berukuran besar ataupun yang berukuran kecil. Lokasi candi pendem ini berjarak sekitar 25km dari Candi Borobudur, dan hanya sekitar 400 meter saja dengan Candi Asu.  

Baca Juga: Wisata Candi Asu di Lereng Merapi Magelang

Akses menuju Candi Pendem ini sedikit sulit di jangkau dengan kendaraan roda empat, karena lokasinya berada di lahan pertanian milik warga, maka tidak memungkinkan roda empat sampai lokasi tujan. Oleh karena nya, anda harus parkir di tempat yang sudah di sediakan oleh penglola, yaitu di desa  tempat Candi Pendem ini ditemukan.

Candi Pendem Desa Sengi Magelang
Candi Pendem Desa Sengi Magelang

Letak Candi Pendem Magelang Jawa Tengah

Lokasi Candi Pendem ini satu alamat dengan Candi Asu, karena tempatnya hanya berjarak beberapa meter saja yaitu berada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kalau anda melaju dari jalan raya Magelang – Jogjakarta, tepat di pertigaan lampu merah Blabak, belok ke kiri arah Ketep Pass, nanti sampai pertigaan Talun anda belok ke kanan dan lokasi Candi ini sudah dekat. Anda bisa bertanya dengan masyarakat setempat atau mencarinya melalui aplikasi Telepon Pintar milik anda.

Setelah sampai lokasi, anda akan melihat pagar pembatas mengelilingi sekitar Candi, hal ini di maksudkan agar para pengunjung tidak menerabas lahan pertanian milik warga yang lokasinya cukup berdekatan. Sesuai dengan nama dari Candi tersebut, Candi Pendem memiliki arti dari bahasa jawa yaitu Pendem berarti candi yang terpendam didalam tanah. Hal tersebut dapat Anda lihat di lokasi Candi yang berada di dalam tanah sekitar 3 meter dari permukaan lahan pertanian milik warga setempat.

Baca Juga: Taman Wisata Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Tetapi candi tersebut tidak pernah terendam air jika waktu hujan tiba, dikarenakan adanya saluran berupa pembuangan air yang berada di lokasi candi tersebut yang sangat bermanfaat untuk mengurangi debit air yang masuk ke area Candi. Sejarah penemuan Candi Pendem ini tidak begitu banyak diketahui oleh warga sekitar, kemungkinan pada zaman dahulu candi tersebut ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang petani yang sedang mengolah lahan pertanian disekitar lokasi tersebut. Candi Pendem ini merupakan sebuah candi Hindhu dengan relief gana pada salah satu bagian dari bangunan Candi.

Candi Pendem Berada di Sekitar Lahan Milik Warga
Candi Pendem Berada di Sekitar Lahan Milik Warga

Karena Tiket Masuk Candi Pendem ini gratis, tidak salah kalau anda mengunjungi lokasi ini bersama buah hati anda. Selain menambah wawasan, anda juga bisa mengenalkan tentang sejarah berupa candi pada buah hati anda, yang nantinya akan berguna sebagai bentuk penghargaan terhadap sejarah Indonesia yang sangat Kaya dan Beragam.

Tips Buat Anda Yang Akan Mengunjungi Candi Lumbung Sengi

  • Datang di Pagi Hari Kalau anda sampai tujuan pada pagi hari, udaranya begitu segar, bersih, dan tenang. Anda akan terlupa dengan hiruk pikuk kota yang begitu bising ketika berada di tempat ini di pagi hari.
  • Bawa Air Minum supaya anda tidak kehausan selama bermain di candi. Meskipun di sekitar Candi ada yang jual, tapi setidaknya kalau anda sudah mempersiapkan sebelumnya, akan lebih baik.
  • Sedia Payung Kalau terpaksanya anda harus datang pada siang hari, alangkah baiknya sedia payung dari rumah, karena akan sangat bermanfaat sekali ketika anda menikmati pemandangan nantinya tanpa kepanasan.
, , , , , , ,
Latest Posts from JadiWisata.COM