Candi Ngawen Muntilan Magelang
Candi Ngawen Muntilan
Candi Ngawen Muntilan

Candi Ngawen, salah satu destinasi wisata sejarah yang perlu anda kunjungi bersama keluarga. Lokasinya masih di Kabupaten Magelang, tidak jauh dengan Wisata Candi lain seperti Candi Mendut dan Candi Borobudur. Terletak di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, hanya berjarak 5 kilometer dari Candi Mendut. Bila dari pasar Muntilan hanya berjarak sekitar Satu kilometer kearah selatan. Sangat dekat dan mudah bukan?

Candi Utama Ngawen
Candi Utama Ngawen

Candi Ngawen di bangun pada sekitar abad ke-Delapan, pada maa dinasti Syailendra. Candi Ngawen merupakan salah satu Candi peninggalan Budha, hal ini terbukti dengan adanya penemuan Arca Dhyani Budda Ratnasambhawa yang berada di Candi Kedua dan Arca Dhyani Budda Amithaba di Candi Keempat. Candi Ngawen memiliki ciri khususyang menjadi keunikan yaitu  adanya hiasan Patung Singa di keempat sudutnya. Secara umum bentuk dari Candi Ngawen ini sangat mirip dengan Candi-Candi Hindu, hal ini terlihat dari bentuknya yang meruncing, tap yang membedakan adalah Candi Ngawen ini memiliki Stupa dan Teras ( undak-undak ) yang menjadi simbol dari Candi-candi Budha.

Candi Ngawen disebut juga sebagai Candi Peralihan, karena Candi ini dibangun pada masa Dua dinasti yaitu Dinasti Syailendra yang merpukan Budha dan dinasti Rakaipikatan yang merupakan Hindu. Makanya tidak heran jika bentuknya memiliki bentuk seperti Candi Hindu pada umunya meskipun ini sebenarnya Candi Budha.

Arca Singa pengapit empat sisi bangunan utama candi Ngawen
Arca Singa pengapit empat sisi bangunan utama candi Ngawen

Candi Ngawen pertama kali ditemukan oleh peneliti yang berasal dari Belanda pada Tahun 1920 yang bernama Van Erp. Dulunya lokasi adalah area persawahan, sehingga saat itu harus dilakukan pengeringan terlebih dahulu sebelum dilakukan penggalian. Dan sampai saat ini Candi Ngawen masih  dikelilingi dengan hamparan sawah yang membuat kesan Wisata Alam nya semakin terasa karena kesejukan dan keasriannya. Secara keseluruhan ada Lima buah Candi di komplek Candi Ngawen ini, semuanya berderet sejajar dari Utara ke Selatan dan semuanya menghadap ke Timur. Selain itu dari Candi I, II, III, IV, dan V mimiliki bentuk denah bujur sangkar, namun hanya Candi Dua dan Empat yang memiliki ukuran dan kontruksi yang sama persis. Dari Kelima Candi yang ada, hanya candi Kedua yang memiliki komponen yang lengkap karena telah dipugarkan pada Tahun 1927. Sedangkan yang lainya hanya tinggal kaki saja, dan yang paling parah kondisinya adalah Candi Pertama.

Candi 1 Ngawen
Candi 1 Ngawen

Secara Fungsional sebenarnya Candi ini tidak jauh berbeda dengan candi-candi yang lainnya, hanya masalah intensitasnya saja. Jika Candi yang lain sering digunakan untuk kegiatan Ibadah umat Budha, di Candi Ngawen ini tergolong sangat jarang digunakan, mungkin hanya saat-saat tertentu saja. Mungkin dikarenakan karena lokasinya yang kurang besar jika dibanding Candi lainnya.

Patung Budha Candi Ngawen
Patung Budha Candi Ngawen

Pernah terdengar kabar bahwa dulu pernah terjadi pencurian kepala Budha,oleh karena itu petugas keamanan setempat sempat melarang pengunjung wisata untuk tidak berfoto atau memfoto candi. Hal itu dilakukan karena untuk mencegah adanya pencurian kembali. Namun dengan berjalan hal itu sudah tidak berlaku lagi, karena tidak dapat dipungkiri saat ini foto dan media sosial adalah media promosi paling ampuh dan gratis. Untuk datang kesini anda bisa sewaktu-waktu sesuai jam kerja, dan seperti tempat wisata lainya di hari minggu dan liburpun tempat ini tetap buka. Retribusi tiket masuknya juga cukup murah, hanya sekitar Rp. 5.000, murah kann?

Jadi bagi anda yang sedang berwisata ke Jogjakarta, cobalah pergi ke Utara arah Magelang, banyak sekali destinasi wisata yang wajib anda kunjungi bersama keluarga. Anda akan disuguhkan dengan banyaknya pemandangan yang menyejukan, pegunungan-pegunungan indah, wisata alam yang asri, bangunan bersejarah, dan wisata kuliner yang tidak kalah nikmat.

Jadi wisata kann? Jadi donk…..

, , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM