Candi Gunung Wukir

Candi Gunung Wukir, Candi Canggal, atau Shiwalingga adalah candi Hindu yang berada di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berada di atas Bukit Wukir, Dan oleh masyarakat sekitar disebutnya Gunung Wukir, di lereng barat Gunung Merapi. Lokasi ini berada di sebelah timur laut Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Candi Gunung Wukir dapat dituju dengan menggunakan angkutan umum ke arah Kecamatan Ngluwar hingga Desa Kadiluwih Dusun Canggal, lalu di lanjutkan dengan berjalan kaki ke atas bukit kurang lebih 300 meter dpl.

Pemandangan Candi Gunung Wukir
Pemandangan Candi Gunung Wukir

Sejarahnya
Berdasarkan temuan prasasti Canggal yang ditemukan pada tahun 1879 di reruntuhannya, candi ini didirikan pada saat pemerintahan raja Sanjaya dari zaman Kerajaan Mataram Kuno, yaitu pada tahun 732 M (654 tahun Saka). Prasasti ini memiliki banyak informasi berkait dengan Kerajaan Medang atau Mataram Hindu. Berdasarkan penemuan prasasti ini Candi Gunung Wukir mungkin memiliki nama aslinya Shiwalingga atau Kunjarakunja.

Arca Lembu Betina atau Nandi, Candi Gunung Wukir
Arca Lembu Betina atau Nandi, Candi Gunung Wukir

Arsitektur
Ukuran Kompleks tempat reruntuhan candi ini berada 50 m × 50 m. Bangunan candi nya terbuat dari jenis batu andesit, setidaknya terdiri atas satu candi induk dan tiga candi perwara. Selain prasasti di kompleks candi ini kita juga bisa menemukan yoni, lingga (lambang dewa Siwa), dan arca lembu betina atau Nandi.

Di lokasi candi Gunung Wukir tersebar mitos yang paling dikenal adalah adanya mitos bersama pasangan yang mana jika seseorang mengajak pasangannya ke candi Gunung Wukir inni maka pastilah mereka berjodoh. Tapi itu mitos, sah saja jika kamu nggak percaya. Tapi bagi siapa saja yang ingin mencapai candi tersebut diperlukan upaya ekstra karena harus melewati jalan setapak yang masih berupa tanah. Anda akan melewati perkebunan warga dan semak untuk menaiki bukit dengan ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut tersebut. Akses jalan belum begitu mulus dan tertata menuju lokasi, namun situs yg sangat berharga dan harus dilestarikan bersama. Untuk dapat mencapai candi ini kita harus berjalan sekitar 15 menit dari tempat parkiran.

Jalan Menuju Candi Gunung Wukir
Jalan Menuju Candi Gunung Wukir

Candi gunung ukir, tempat ini cocok untuk kegiatan petualangan terutama untuk kegiatan Pramuka khususnya kegiatan penjelajahan untuk Pramuka tingkat SD, Medan untuk mencapai candi gunung ukir masih berupa tanah setapak, dan beresiko licin saat hujan, sayang sampai diatas wujud candi hanya pondasinya saja, sebuah lingga dan patung sapi. Prasasti asli dari candi ini ada di Jakarta. Tapi untuk yang menyukai situs-situs sejarah pasti akan tertarik untuk kesini, karena kalau tidak salah Prasasti Canggal ditemukan disini.

Baca juga :

Buka/Tutup : 08.00 – 17.00 WIB
HTM : 5.000,-

Halaman Candi Gunung Wukir
Halaman Candi Gunung Wukir

Tips untuk Anda Yang Akan Berkunjung Ke Candi Gunung Wukir

  • Wajib bawa bekal Air Minum Karena perjalanan samapai ke lokasi Candi yang lumayan jauh, anda di rekomendasikan untuk membawa air minum, supaya anda tidak kehausan selama perjalanan. Tapi ingat buanglah sampah pada tempatnya agar tidak merusak lingkungan.
  • Datang di Pagi Hari Kalau anda sampai di tujuan pada pagi hari, udaranya begitu segar, bersih, dan suasana yang tenang. Anda akan terlupa dengan hiruk pikuk kota yang begitu bising ketika berada di tempat ini di pagi hari. Membuat pikiran anda menjadi relax.
  • Jangan memakai alas kaki yang licin atau high heel. Karena jalan nya masih berupa tanah nanti bisa terjatuh dan di tertawain orang lain heheheee….
, , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM