Candi Gunung Sari terletak di puncak sebuah bukit Desa Ngasem, Kelurahan Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukakan, Candi Gunung Sari terdiri dari bangunan candi utama, bangunan candi bukan candi utama, bangunan berstruktur batu bata dan bangunan bersetruktur batu putih. Candi Gunungsari merupakan candi yang digunakan sebagai tempat peribadatan agama Hindu. Hal ini dapat diketahui dari penemuan arca Mahakala saat dilakukan ekskavasi arkeologi. Dalam panteon Hindu, Mahakala dikenal sebagai aspek kroda dari Siwa. Berdasarkan gaya pengarcaan dan motif hias, Candi Gunung Sari dibangun sekitar abad ke IX Masehi.

Penampakan Bukit/Gunug sari
Penampakan Bukit/Gunug sari, Letak Candi Gunung Sari; Sumber Foto : tarabuwana.blogspot.com

Lokasi candi ini berada di puncak Bukit Sari (Gunung Sari), tidak jauh dari Candi Gunung Wukir tempat ditemukannya Prasasti Canggal.

CANDI GUNUNG SARI INI BENARKAH SESEPUH CANDI TANAH JAWA DI ATAS PERBUKITAN?; Sumber Foto: www.tuguwisata.com
CANDI GUNUNG SARI INI BENARKAH SESEPUH CANDI TANAH JAWA DI ATAS PERBUKITAN?; Sumber Foto: www.tuguwisata.com

Candi Gunung Sari merupakan salah satu cagar budaya yang ditetapkan melalui UU Ri No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. SK Penetapan : SK Menteri NoPM.24/PW.007/MKP/2007

Bentuk Candi

Bangunan Utama-Beberapa komponen bangunan yang diperkirakan merupakan bagian kaki candi memberikan gambaran bahwa kaki candi terdiri atas komponen pelipit dan sisi genta. Sejumlah batu yang diperkirakan komponen tubuh candi memberikan bahwa tubuh candi memiliki satu penampil yang berfunsi sebagai pintu masuk candi. Beberapa komponen bangunan yang berasal dari atap candi adalah antefik, landasan kemuncak berbentuk bunga padma dengan hiasan antefik.

Bangunan Bukan Bangunan Utana-Bangunan ini terletak di selatan sudut barat daya bangunan utama. Dimungkinkan bangunan ini adalag candi perwara.

Bangunan Berstruktur Batu– Struktur batu bata terletak diluar bangunan utama di sisi timur membujur utara-selatan dengan posisi tidak beraturan. Berdasarkan bentuk dan posisinya, kemungkinan besar struktur ini adalah pagar kelilin.

Bangunan Berstruktur Batu Putih – Struktur batu putih dikombinasikan dengan batu andesit serta menggunakan sistem pengerasan berupa limbah tatal batu. Struktur ini ditemukan di luar bangunan utama tepatnya disebelah barat bangunan utama. Diduga struktur ini merupakan bagian dari jalan masuk ke candi.

Akses Ke Lokasi

Tangga Menuju Candi
Tangga Menuju Candi,
foto by : tarabuwana.blogspot.com

Untuk mencapai lokasi, kita harus jalan kaki melewati jalan setapak, mendaki karna letaknya Candi Gunungsari memang diatas bukit. Bagi Anda yang membawa kendaraan bisa diparkir di sekitaran jalan. Jangan Khawatir ada beberapa warga yang bertugas untuk menjaga parkir

Ketika akan naik ke Candi, ini adalah tanjakan pertama yang berupa tangga naik yang berujung ke sebuah makam desa setempat.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan melewati jalan tanah setapak melewati hutan.

Rute Jalan Kaki Menuju Candi Gunung Sari

Rute Jalan Kaki Menuju Candi Gunung Sari; Sumber:small-backpack.blogspot.com

Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit jalan, untuk mendaki menuju puncak gunungsari. Lumayan bisa sambil olahraga. Dan jangan khawatir kesasar, karna disepanjang jalan sudah tersedia penunjuk arah menuju ke candi.

Layak Untuk Dikunjungi

Meskipun Candi Gunung sari Terlihat seperti berantakan, tetapi tempat ini layak sekali untuk dikunjungi, terutama anda yang menyukai sejarah dan kebudayaan.

Setelah sampai dilokasi candi, ada akan disuguhi pemandangan yang sangat indah.

Sangat tepat bagi Anda yang hobi Hunting Foto. Foto-foto anda akan terlihat unik, karna di tempat ini pengunjungnya tidaklah banyak.

Sumber gambar : Google Plus @MUTIAH FAIZAH
Tips ke Candi Gunung Sari
  • Bila anda ingin naik ke bukit, bawalah bekal makanan seperlunya saja. Biar berjalannya terasa ringan.
  • Buanglah sampah pada tempatnya, mari berbagi kebaikan, jangan berbagi sampah
  • Karna ini areal Candi, tetap jaga sompan santun, Jangan buang aor kecil sembarangan

Jadiwisata lah dan jadikan jadiwisata.com teman perjalanan anda.

, , , , , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM