Candi Gedong Songo

JadiWisata.Com- Candi Gedong Songo

Candi Gedung Songo Tempo Doeloe

Candi Gedung Songo Tempo Doeloe; sumnber foto: File:COLLECTIE TROPENMUSEUM De Javaanse geleide van een Europese bezoeker poseert tussen de ruïnes van het Gedong Sanga tempelcomplex bij Ambarawa TMnr 60042348.jp

Dalam bahasa jawa Gedong Songo dalam bahasa jawa beerati sembilan bangunan. Sepertinya namanya Candi Gedong Songo memang terdapat 9 bagian candi yang sangat untuk kita kunjungi

Candi Gedong Songo ini ditemukan pada tahun 1804 oleh Thomas Stamford Raffles. (Di sumatra Rafless menemukan bunga yang dikenal dengan bunga Raflesia)

Candi Gedong Songo merupakan peninggalan kebuadayaan Hindu pada Jaman pemerintahan Wangsa Syailendra, kira-kira pada abar ke-9.

Baca Juga : Tip Beburu Foto Sunrise Di Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo,
Candi Gedong Songo, suner:ripadvisor.co.uk

Menurut para ahli, komplek Candi Gedong Songo ini pada jaman nya diperuntukan sebagai tempat Ibadah  atau tempat pemujaan Dewa. Pendapat ini dikuatkan dengan penemuan patung yang menyerupai siwa mahakala, siwa ganesha, dan siwa-siwa lainnya.

Dengan kesamaan penemuan arca siwa mahakala, berarti ada kesamaan fungsi dengan  Candi Gunung Sari , walaupun komplek Candi Gedong Songo lebih Luas

Peribadatan di Candi Gedong Songo, Instagram

Tempat ini juga masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah orang Hindu.

Dari keterangan beberapa warga, bahwa Candi ini sering digukan warga juga untuk bersemedi, terutama bagi memereka yang membutuhkan pertolongan dari Allah akan kesulitan hidupnya. Hal ini dikuatkan dengan mitos keberadaan Mbah Murdo

Letak

Candi Gedong Songo terletak di Desa Candi, Kec.Bundungan, Kab. Semarang, Jawa Tengah.

Candi ini terletak di lereng gunung ungaran pada, persisnya pada ketinggian sekitar 1200 mdpl (meter diatas permulaan laut)

Candi Gedong 1
Candi Gedong 1, sumber foto: www.winnymarlina.coma

Untuk mencapai lokasi ini cukup mudah, bagi anda yang dari arah semarang, bisa exil tol bawen, kemudian menuju arah bandungan melalui ambarawa. tidak jauh sekita 10 km dari ambarawa.

Untuk menuju lokasi anda harus melewati jalan yang berkelak kelok, jalanan khas daerah pegunungan. tapi jangan khawatir anda akan tetap merasa senang selama perjalanan karna segarnya udara dan sejuknya udara disitu.

Daya Tarik Candi Gedong Songo

Dikomplek Candi Gedong Songo, selain candi masih banyak spot lain yang bisa anda nikmati

Bio Eenergi, Panas Bumi
Biao Energi, Komplek Candi Songo, Image by: Rizky Pradhana

Beberapa sumber menyebut, bahwa bio energi ini merupakan yang tersebar dikaswan asia. Lebih besar energinya dibandingkan yang ada dipegunungan tibet.

Baca Juga : Tip Beburu Foto Sunrise Di Candi Gedong Songo

Maka jangan lewatkan moment menarik ini, sebelum nanti berubah menjadi pembangkit tenaga listrik.

Berkuda, foto:www.superadventure.co.id

Anda bisa mengelilingi komplek Candi dengan menaiki kuda. Jangan takut, karana ada instruktur yang selalu mendampingi anda berkeliling.

Jadi yang belum pernah naik kuda, bisa sekalian mencobanya. untuk fasilitas ini siapin uang sekitar 60-100 Ribu rupiah. Harganya tawar menawar, kalau Anda jago nawar, bisa dapet harga yang murah. Atau anda bisa mendapatkan harga yang murah bila pengunjung agak sepi sehingga perminttan akan naik kuda akan lebih sedikit.

Sambil berkuda, Anda juga bisa nanya-nanya seputar candi songo pada guide atau instruktur kuda tersebut. Dengan senang hati para guide akan bercerita. Jadi Anda akan mendapatkan informasi lain dari Candi Songo.

Taman Ayana
Taman Ayana, Image by: @n_photography012

Taman Ayana, ini adalah spot terbaru dari komplek wisata Candi Gedung Songo. Sebagai taman yang menyugguhkan spot-spot berfoto bagi anda yang mencitai fotografi.

Untuk masuk ke Taman Ayana, pengunjung cukup membayar 20 Ribu untuk orang dewasa, dan 10 Ribu untuk Anak-anak

Udara yang sejuk, sangat pas untuk menikmati keindahan alam disini.

di Taman Ayana juga tersedia wahana Balon Udara, yang akan membawa Anda terbang lebih tinggi lagi. Dari balon udara Anda bisa menyaksikan sendiri keindahan komplek Candi Songo dari sudut atas.

Saat menfoto, sudut pandangnya cukup bagus, seperti menggunakan drone. Untuk menaiki balon udara, Anda cukup membayar 50 ribu rupiah per orang.

perkemahan candi songo; image by www.brobali.com

Bagi anda yang suka camping, dilokasi ini juga tersedia tempat ber camping. Udara yang sejuk dan suana alam yang asri sangat membantu kita merilekan pikiran dan kepenatan.

Hal yang perlu diperhatikan

Tetap perhatikan kebersihan lingkungan, jangan buang sampoah disembarang tempat. Buanglah sampah pada tempatnya.

Cintailah alam ini seperti anda mencintai diri anda, selaamat berlibur

dan jadikan jadiwisata.com teman perjalanan anda.

, , ,
Artikel Lainya
Latest Posts from JadiWisata.COM